Investasi pada Komunitas Jadi Kunci Perkembangan Vainglory di Platform Mobile

Investasi pada Komunitas Jadi Kunci Perkembangan Vainglory di Platform Mobile

 

Untuk standar sebuah game mobile, Vainglory bisa dibilang termasuk game yang cukup hardcore. Genre multiplayer online battle arena (MOBA) dalam game buatan Super Evil Megacorp tersebut memaksa setiap pemainnya mengatur strategi yang kompleks, bekerja sama dengan pemain lain secara intens, serta meluangkan waktu cukup lama demi menyelesaikan satu sesi permainan.

Super Evil Megacorp selaku developer menyadari sepenuhnya jalan panjang yang akan mereka hadapi. Merilis game hardcore di platform mobile yang penuh akan gamer kasual tentu bakal menghadirkan tantangan ekstra, selain harus bersaing dengan jutaan aplikasi yang telah memadati Apple App Store atau Google Play Store.

“Kami percaya bahwa game hardcore juga memiliki peluang di platform mobile,” ujar Akane Yoshizaki, Marketing & Communications Manager Super Evil Megacorp untuk wilayah Asia Pasifik. “Demi menjadikan Vainglory semakin populer, kami percaya bahwa komunitas adalah kuncinya.”

Komunitas sebagai fondasi

Akane Yoshizaki | Photo

Marketing & Communications Manager Super Evil Megacorp untuk wilayah Asia Pasifik, Akane Yoshizaki

Game MOBA merupakan salah satu genre yang dikenal memiliki komunitas loyal. Beragam game MOBA di PC, seperti League of Legends atau Dota 2, memiliki penggemar yang sangat antusias di seluruh dunia. Antusiasme itu pula yang mendorong Super Evil Megacorp mengembangkan Vainglory di platform mobile.

Kami ingin memberikan pengalaman bermain game MOBA yang setara dengan di PC pada platform mobile

Untuk mencapai hal itu, Yoshizaki berkata bahwa komunitas adalah pilar utama yang tengah dibangun oleh Super Evil Megacorp. “Tanpa komunitas yang setia, Vainglory tidak akan mampu sesukses seperti sekarang ini.”

Prinsip komunitas sebagai yang terutama itu dipegang teguh oleh Super Evil Megacorp dalam mengembangkan Vainglory. Hampir segala aspek dalam game, baik dari segi penambahan fitur hingga upaya akuisisi pemain baru, dieksekusi dengan mempertimbangkan kenyamanan pemain dan komunitas.

“Akuisisi pemain baru melalui iklan seperti kebanyakan game mobile lain sengaja tidak kami lakukan, karena kami tidak menginginkan pemain kasual yang datang karena iklan, lalu pergi setelah mencoba sebentar. Yang kami inginkan adalah pemain yang betul-betul tertarik dengan MOBA, dan bermain untuk waktu lama dengan Vainglory,” ucap Yoshizaki.

Vainglory Trophy | Photo

TeamSoloMid yang menjadi pemenang kompetisi Vainglory tingkat dunia pada tahun 2016

Untuk membantu transisi pemain kasual kepada gameplay inti Vainglory, pihak Super Evil Megacorp telah mendesain sistem tutorial ekstensif, serta menambahkan beberapa fitur baru yang lebih mudah diakses bagi para pemula.

Kini ada dua mode game baru dalam Vainglory, yaitu Battle Royale dan Blitz, yang menghadirkan permainan lebih singkat dan simpel. Kedua mode tersebut diharapkan dapat membantu para pemula mendalami permainan inti Vainglory dengan lebih mudah.

“Kami juga aktif menjalin kerja sama dengan beragam pihak lokal untuk meningkatkan kenyamanan penggemar bermain Vainglory. Untuk Indonesia sejauh ini, kami telah bekerja sama dengan beberapa operator seluler seperti Telkomsel dan Indosat untuk menyelenggarakan event, serta merangkul sejumlah layanan pembayaran guna mengatasi rendahnya tingkat kepemilikan kartu kredit di dalam negeri.”

Memberikan wadah dan apresiasi

Tab Community in Vainglory | Screenshot

Tab Community di dalam game yang menampilkan aktivitas para penggemar

Salah satu jalan yang ditempuh Super Evil Megacorp untuk memberikan apresiasi tertinggi kepada para komunitas adalah dengan memberikan wadah berupa kompetisi esport resmi. Mereka secara aktif bekerja sama dengan beragam organisasi esport di dunia serta merangkul berbagai tim esport profesional untuk meramaikan skema kompetitif dalam Vainglory.

Vainglory pada saat ini merupakan kompetisi esport untuk platform mobile terbesar di dunia. Pada tahun 2016 lalu, kami menyediakan total hadiah sebesar US$120.000 (sekitar Rp1,6 miliar) untuk sebuah kompetisi tingkat dunia, di mana lebih dari 3.500 tim mengikuti babak kualifikasi secara online. Lima tim esport terkenal pun, seperti Fnatic dan Echo Fox, baru-baru ini ikut meramaikan dunia kompetisi Vainglory,” klaim Yoshizaki.

Vainglory Account RT Fan Event | Screenshot

Akun resmi Vainglory melakukan retweet untuk event penggemar

Selain menyediakan kompetisi resmi, Super Evil Megacorp juga secara aktif mendukung para anggota komunitas untuk berekspresi, menggelar kegiatan independen, serta bermain bersama dengan para penggemar lainnya.

“Kami menyediakan sebuah tab khusus dalam game Vainglory yang  menampilkan beragam kegiatan komunitas. Semua akun media sosial milik kami juga kerap menampilkan penggemar yang melakukan kegiatan kreatif bertema Vainglory. Kami bahkan bersedia menyediakan hadiah berupa sejumlah ICE—mata uang dalam game Vainglory—untuk kompetisi independen, sehingga pihak penyelenggara tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempersiapkan hadiah,” ujarnya.

Tantangan dari segi teknis

Vainglory Ranking in App Annie | Screenshot

Data popularitas Vainglory di sejumlah negara (Sumber: App Annie)

Diakui oleh Yoshizaki, kualitas tinggi yang diusung dalam Vainglory bukannya tidak memiliki tantangan tersendiri. “Sejumlah penggemar kami, seperti di Indonesia, memiliki kesulitan untuk bermain Vainglory dengan perangkat berspesifikasi rendah hingga menengah.”

Menurut laporan dari App Annie per 8 Februari 2017, Vainglory termasuk dalam kategori seratus game iOS terpopuler di sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Kamboja, Brunei, Singapura, dan juga Indonesia. Namun, versi Android Vainglory hanya menempati posisi serupa di Singapura dan Kamboja.

“Tim produk kami tengah berupaya keras untuk membuat Vainglory dapat dimainkan dengan cukup lancar di perangkat berspesifikasi rendah. Dengan demikian, akan lebih banyak orang bisa menikmati dan bermain bersama-sama dengan para penggemar di seluruh dunia,” pungkas Yoshizaki.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)

 


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

Andromedia, PT well known as Andromedia Indonesia is a company engaged in the field of Information Technology specializing in the areas of Professional Consulting Services for Enterprise System solution ranging from Enterprise
Website Portal & Collaboration System, ERP System,Enterprise Document Management System, and Enterprise Medical Information System.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

Share with your friends









Submit