Kementerian BUMN Gelar Soft Launching Sistem e-Office
Jakarta, 1 November 2016 – Sebagai wujud digitalisasi proses surat-menyurat baik di lingkungan internal Kementerian BUMN maupun sebagai media komunikasi eksternal dengan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN Rini M Soemarno didampingi oleh Pejabat Eselon I Kementerian BUMN melakukan soft launching sistem e-Office pada serangkaian acara Leadership Forum BUMN 2016 di Hotel Jayakarta Suites, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada tangal 27 Oktober 2016.
“e-Office bertujuan untuk tingkatkan efektivitas kinerja, efisiensi, dan layanan stakeholder di era digitalisasi guna mendukung sinergi antar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” ujar Menteri BUMN usai melakukan simulasi.
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau yang biasa disebut Telkom ditunjuk sebagai implementor sistem e-Office ini, keuntungan dari sistem e-Office ini menggantikan metode pengiriman surat yang masih menggunakan kertas menjadi elektronik. Selain itu pengiriman surat juga dapat dilakukan secara realtime serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Alex Janangkih Sinaga Direktur Utama Telkom menegaskan siap mendukung Sinergi BUMN untuk transformasi digital BUMN, dimana salah satunya melalui implementasi sistem e-Office ini. Sehingga harapannya ke depan dapat diintegrasikan dan diterapkan di seluruh BUMN. “Ini sebagai wujud bakti Telkom bagi negeri,” tegasnya.
Berbagai pilihan akses disediakan baik melalui Personal Computer (PC) maupun mobile. Dikarenakan semua proses dilakukan secara elektronik, maka seluruh kegiatan dapat dipantau dan ditelusuri secara runut untuk mendukung prinsip akuntabilitas dan transparansi. Selain itu pula, semua informasi yang terkandung didalam surat akan aman dari pihak yang tidak terkait karena hanya bisa diakses oleh pengirim dan penerima yang dituju.
keterangan foto : Menteri BUMN (kanan dua) sedang melakukan simulasi penggunaan sistem e-Office
Sistem e-Office yang rencananya mulai resmi berjalan per 2 Januari 2017, terdiri dari modul-modul aplikasi e-Office seperti Surat Masuk, Disposisi, Surat Keluar dan Fungsi Tambahan. Modul Surat Masuk meliputi fasilitas scan dan upload Surat Masuk eksternal, cetak resi untuk penerimaan dokumen eksternal, serta monitoring dan tracking dokumen. Modul Disposisi meliputi fasilitas disposisi (meneruskan ke pihak terkait untuk ditindaklanjuti) baik untuk surat internal maupun eksternal. Modul Surat Keluar meliputi fasilitas Nota Dinas untuk komunikasi internal, Surat Dinas untuk komunikasi eksternal, Surat Bersama, Memorandum, Surat Undangan dan Surat Undangan Komite.
Selain itu juga tersedia modul fungsi tambahan untuk mengakomodir fungsi-fungsi lain seperti fasilitas untuk Sekretaris (monitoring dan print) serta Delegasi yang digunakan untuk pendelegasian kewenangan surat-menyurat jika pejabat terkait berhalangan karena sakit atau cuti. **
Biro Umum dan Humas
(Sumber informasi : bumn.go.id)
Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?
Kami, PT Andromedia, pilihan yang tepat. PT Andromedia adalah perusahaan konsultan sistem informasi dari Surabaya. Kami juga telah mengembangkan sistem informasi dalam kategori E-Office untuk perusahaan BUMN antara lain PT Semen Indonesia Tbk dan PT Timah Tbk.
PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment