Tips Agar Selalu Semangat dan Termotivasi Saat Bekerja

Bekerja di kantor mungkin merupakan cita-cita banyak orang, tapi tak sedikit orang yang merasakan bosan dengan suasana di kantor. Bagi kebanyakan orang yang sudah bekerja sekian lama di kantor mungkin merasakan kebosanan merasakan suasana kantor yang begitu saja dengan setumpuk pekerjaan yang harus dikerjakan ketika di kantor.

Suasana kantor identik dengan suasana bising dan berisik dengan banyak orang atau pegawai yang juga turut bekerja. Kantor biasanya identik dengan suasana yang menegangkan kadang santai, kadang terdiri dari sepetak dengan seberkas pekerjaan yang harus diselesaikan. Maka tak jarang hal ini membuat sekelompok orang bosan merasakan suasana kantor.

Maka dari itu perlu adanya motivasi yang bisa membangun para pekerja di kantor supaya bisa melakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien lagi di kantor. Seperti yang diketahui belakangan banyak orang-orang mendirikan start up yang kerjaannya cenderung lebih keluar kantor seperti di kafe, pekerjaan santai sambil bisa meminum suguhan kopi, bisa dikerjakan dirumah dengan santai. Pekerjaan sejenis ini tentu saja membuat kita bekerja lebih enak santai dan menghilangkan rasa bosan.

Didukung dengan kecanggihan teknologi yang semakin tinggi, tentu saja pekerjaan belakangan ini juga semakin terorganisir dan mudah dilakukan. Bantuan internet, smartphone dan tablet semakin memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai pekerjaan apalagi pekerjaan kantor karena menyuguhkan berbagai teknologi baru yang begitu baik, teknologi saat ini juga semakin membuat informasi semakin cepat bisa diketahui, mengirim file, menerima file, melakukan panggilan gratis, chatting dan video call semakin lebih cepat dan menyenangkan. Perkembangan teknologi benar-benar memicu kita dalam pekerjaan, pekerjaan bisa lebih cepat, efektif dan efisien. Oleh karena itu anda perlu memanfaatkan adanya teknologi yang begitu pesat perkembangannya saat ini.

Apabila anda ingin membuat waktu bekerja lebih efektif dan efisien, ada beberapa tips motivasi yang bisa anda lakukan agar pekerjaan lebih baik kedepannya. Tips ini datang dari pakar yang ada di dunia kerja serta produktivitas, ia adalah Grace Marshall, namanya cukup terkenal dalam memberikan beberapa gambaran motivasi untuk dapat memberikan semangat bekerja lebih efektif dan efisien. Berikut motivasinya :

  • Konsentrasi dan Fokus. Dalam mencapai Bekerja Efektif dan Efisien, sebaiknya alokasikan waktu sepenuhnya untuk memberi perhatian lebih pada pekerjaan yang dihadapi. Cobalah lebih fokus dan memberikan energi pada satu pekerjaan.
  • Gangguan merupakan musuh terbesar utama. Banyak hal yang kerap mengalihkan perhatian yang mengakibatkan sulit untuk Bekerja Efektif dan Efisien. Entah itu chatting di ponsel, isu terbaru di situs berita, atau obrolan sesama teman di ruang kerja. Kurangi distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan sampai terpengaruh. Misalnya dengan mematikan ponsel, social media, atau e-mail yang tak penting. Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu.
  • Multitasking sekedar mitos. Bila ada yang bilang setiap orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, anggapan ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus dan maksimal mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi Bekerja Efektif dan Efisien tidak usah mencoba memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam satu waktu.
  • Buat susunan daftar/ shedule pekerjaan. Saat di kantor, cobalah bikin daftar tugas yang harus dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan membuat Bekerja Efektif dan Efisien karena membuat Anda fokus dan siap mental.
  • Jangan suka menunda pekerjaan. Sering kali karena menganggap ringan tugas, lantas menunda waktu untuk mengerjakannya. . pada akhirnya, ada banyak waktu yang terbuang percuma. Bekerja Efektif dan Efisien cobalah lakukan sekarang, di saat teringat dan sesuai jadwal.
  • Buat pengingat daftar di rumah. Jika ada daftar pekerjaan yang harus tuntas di kantor, hal ini sekadar sebagai pengingat, sekaligus membuat data tambahannya. Sekiranya dibutuhkan Bekerja Efektif dan Efisien, anda jadi tidak perlu susah mencari tahu atau kembali ke kantor.
  • Pandai membuat keputusan. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin datangnya mendadak dan menuntut kecerdasan dalam membuat keputusan. Dengan Bekerja Efektif dan Efisien, akan lebih mudah membuat keputusan, bahkan dalam waktu singkat.
  • Gunakan pengingat waktu. Dalam setiap jenis pekerjaan maupun tugas, cobalah membuat pengingat waktu, kapan tugas tersebut bisa dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi yang lebih tercurah, dan anda mencoba realistis tanpa menunda-nunda agar Bekerja Efektif dan Efisien
  • Buatlah suasan ruang yang nyaman. Sebagian orang membutuhkan ruang nyaman untuk mengerjakan tugas yang dipunyai. Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa menuntaskannya dengan segera, dan Bekerja Efektif dan Efisien.
  • Uraikan detail. Jika banyaknya pekerjaan yang menumpuk bisa jadi anda stres, cobalah urai satu per satu. Dengan menjadikannya detail dan dimulai dari perkejaan yang di anggap mudah, semua pekerjaan janggan dianggap sulit agar anda lebih bersemangat menuntaskannya dan Bekerja Efektif dan Efisien.

Dalam sebuah sumber menyatakan bahwa motivasi dibedakan menjadi dua buah, yaitu motivasi instrinsik serta motivasi ekstrinsik. Untuk motivasi instrinsik tersebut merupakan sebuah dorongan kerja, dimana sumbernya berasal dari diri sendiri atau dari seorang pekerja tersebut. Motivasi bentuk ini berdasar pada kesadaran diri pekerjanya untuk dapat melihat kepentingan serta manfaat dari ia harus bekerja. Bisa jadi motivasi jenis ini berdasar dari tertariknya seseorang atas pekerjaan yang digulatinya.

Sementara untuk motivasi ekstrinsik merupakan pendorong kerja yang sumbernya berasal dari luar pribadi pekerjanya sendiri. Biasanya bisa berupa dorongan yang diberikan dari faktor luar seperti karena iming-iming gaji yang nilainya cukup tinggi, memiliki jabatan yang tinggi, serta berjenjang karir. Dalam bekerja memang kita membutuhkan dua dorongan ini untuk memicu semangat dan menjadikan motivasi dalam bekerja.

Setiap orang tentu saja memiliki tujuan untuk dapat menambah penghasilan ketika bekerja. Agar bekerja mereka menjadi lebih efisien dan efektif seseorang harus mengerti bagaimana caranya mengatur waktu dengan benar dan baik. Seperti waktu untuk bekerja, istirahat dan waktu untuk keluarga serta teman-teman, karena apabila waktu anda hanya terfokuskan pada pekerjaan saja tentu juga tidak baik.

Share with your friends









Submit