Tidak akur dengan rekan kerja? Begini cara menanganinya!

menangani konflik dengan rekan kerja

Dalam suatu pekerjaan yang mengumpulkan beberapa atau banyak orang umumnya lebih dari satu orang tentu sajalah akan mudah ditemukan yang namanya permasalahan. Hal tersebut dianggap wajar mengingat setiap pemikiran seseorang yang berbeda atau tidak sama sehingga muncul rasa egoisme masing-masing yang cenderung kekeh mempertahankan pemikirannya masing-masing. Oleh karena itulah maka wajar sekali jika ditemukan permasalahan atau bahkan pertikaian dalam suatu pekerjaan.

Konflik yang terjadi di tempat kerja ini tak bisa dihindari namun bukan berarti lantas akan dibiarkan begitu saja tanpa ada penyelesaian atau cara untuk menanganinya. Perbedaan merupakan hal yang fitrah dan tak bisa dihindari, namun tentu saja ada banyak cara untuk mengatasi perbedaan tersebut sebagai pemicu adanya konflik apalagi di tempat kerja.

Karena tentu saja apabila terjadi konflik di tempat kerja akan membuat seseorang tidak betah dan sulit merasakan kenyamanan saat mereka bekerja. Karena masalahnya bukan terletak pada pekerjaannya akan tetapi konflik yang terjadi dengan rekan kerja lainnya, sehingga walaupun begitu tetap saja akan berpengaruh pada kinerja seseorang yang menjalani konflik tersebut, pekerjaan akan terganggu dan tidak berjalan sempurna. Hal ini tentu saja akan memicu adanya persaingan tak sehat dan bisa menimbulkan kerugian untuk para pebisnis atau bos perusahaan.

Ada beberapa cara efektif yang bisa anda lakukan dan terapkan apabila mengalami masalah atau konflik di kantor sehingga bisa teratasi dengan baik, inilah caranya :

  1. Hadapi masalah tersebut, bagaimanapun juga anda tidak akan pernah bisa lari atau menghindar dari suatu masalah sehingga mau atau tidak mau anda harus menghadapi masalah tersebut. Cari apa sebenarnya akar masalah yang ada pada tempat kerja yang menjadi pemicu timbulnya konflik, setelah itu hadapi dengan cara yang bijaksana tanpa merugikan pihak tertentu. Hal ini juga bertujuan tak membuat masalah yang terjadi atau konfliknya berkepanjangan.
  2. Bicaralah dengan baik. Jika anda sudah menemukan akar dari permasalahan pemicu konflik yang terjadi di tempat kerja, maka bicarakanlah secara baik dengan rekan atau pihak-pihak yang terkait dengan masalah yang tengah dihadapi. Selesaikan dengan baik, cari solusi bersama, mencoba mengerti pemikiran satu dan yang lainnya kemudian menyamakan pemikiran serta mencari solusi pemecah masalah. Berbicara yang baik, tenang serta sopan terhadap orang lain bisa memberikan efek seseorang merasa dihargai.
  3. Hadapi dengan tenang, apapun konflik yang anda hadapi, maka usahakan anda memiliki emosi yang masih stabil sehingga apapun masalahnya anda tetap bisa tenang. Kontrol emosi anda supaya tidak menggebu-gebu yang kemudian menjadi pendorong anda melakukan hal hal negatif dan kurang menyenangkan.
  4. Bersikap netral, ada baiknya anda tidak menutup telinga untuk mendengarkan penjelasan orang lain supaya bisa menyamakan pendapatnya dengan apa yang anda maksud. Tak selamanya apa yang menurut anda benar adalah benar dan tak selamanya apa yang menurut orang lain salah adalah salah di mata anda.
  5. Hargai pendapat orang lain, hal ini penting untuk tetap menjaga hubungan bisa selalu baik dan harmonis. Anda tidak perlu memberikan sanjungan berlebihan namun cukup menghargai pendapat orang lain, karena tidak selalu pendapatnya sama seperti apa yang kita pikirkan, namun apapun itu usahakan anda tetap menghargainya.
  6. Meminta maaf, kata maaf tak selalu berarti jika kita adalah orang yang salah, kita berada di posisi salah atau kita yang salah. Kata maaf bisa berarti anda adalah ksatria yang cenderung lebih mengalah dan menyimpannya sendiri daripada harus menimbulkan konflik yang membuat hubungan semakin tidak nyaman.

Itulah beberapa tips ampuh yang bisa anda lakukan di tempat kerja untuk dapat mendapatkan suasana kerja yang nyaman jauh dari kata konflik sehingga anda bisa bekerja maksimal dan berprestasi dikantor tanpa drama perselisihan.

Share with your friends









Submit