Techtorial: Cara Membuat Password yang Aman dan Mengelolanya

Techtorial: Cara Membuat Password yang Aman dan Mengelolanya

 

Apabila kamu adalah seorang penggila teknologi, password pasti sudah menjadi bagian dari diri kamu. Hampir seluruh layanan online mengharuskan kamu untuk membuat akun dan tentu saja lengkap dengan kata sandinya.

Namun, kamu tentunya harus berhati-hati dengan password yang kamu buat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kemampuan peretas untuk membobol password kamu juga akan semakin lihai. Oleh karena itu, kamu harus mampu membuat password yang aman untuk akun-akun yang dimiliki.

Selain itu, tentu saja kamu juga harus menjaga supaya kata sandi yang telah dibuat tidak jatuh ke tangan orang lain apalagi orang yang tidak bertanggung jawab. Melalui Techtorial kali ini, kamu dapat mempelajari bagaimana cara membuat password yang aman sekaligus mengelolanya.

Hindari Menggunakan Password yang Umum

Password Umum

Ketika membuat sebuah password untuk akun kamu, hindarilah kombinasi yang umum digunakan oleh orang-orang. Hindari password yang menggunakan tanggal lahir, kombinasi angka tertentu (1,2,3,4), nama anggota keluarga, nama hewan peliharaan, atau hal-hal yang menjadi favorit kamu. Apabila ada orang jahat yang mengenal kamu, ia pasti akan dengan mudahnya membobol password yang kamu buat menggunakan kombinasi tersebut.

Cobalah memikirkan sesuatu yang out of the box. Mudah kok caranya. Salah satu contohnya adalah menggunakan tombol shift dan sedikit memodifikasi password “polos” kamu.

Katakanlah password lama kamu adalah “teknologi123”. Kamu dapat mengubahnya menjadi password yang jauh lebih aman dengan memasukkan “teknologi123” kemudian diikuti dengan menahan tombol shift sambil memasukkan kembali “teknologi123”. Dengan melakukan cara tersebut, password baru kamu akan menjadi “[email protected]#”.

Huruf kecil? Ada. Angka? Ada. Huruf kapital? Ada. Bahkan password baru kamu kini memiliki simbol dan jumlah karakter yang lebih banyak. Tentunya password ini akan semakin sulit ditebak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, atau sekadar mencoba iseng.

Gunakan aplikasi pengelola password

Screenshot Dashlane

Apabila kamu memiliki akun di sejumlah situs, pasti akan cukup merepotkan untuk mengingat seluruh password panjang nan rumit kamu. Kami tidak menyarankan kamu menggunakan satu password yang sama untuk seluruh akun. Mengapa? Karena apabila seseorang berhasil mengetahui salah satu password kamu, maka seluruh akun kamu juga akan terancam keamanannya.

Baiklah, kembali ke topik. Untuk mempermudah mengingat seluruh password akun, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi pengelola password seperti Dashlane. Aplikasi ini akan menyimpan seluruh password yang kamu gunakan untuk masuk di berbagai situs, sekaligus membuat kamu bisa masuk dengan otomatis tanpa perlu mengetik ulang username dan kata sandinya.

Dashlane juga memiliki fitur untuk menentukan apakah password yang kamu gunakan sudah cukup aman atau belum. Apabila Dashlane merasa password kamu masih berbahaya, aplikasi ini memiliki fitur untuk menghasilkan kata sandi yang aman secara otomatis. Password baru yang dihasilkan ini juga akan tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi Dashlane.

Selain Dashlane, aplikasi serupa seperti LastPass dan Keeper juga dapat menjadi alternatif kamu untuk mengelola password dengan aman.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)

 


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

Andromedia, PT well known as Andromedia Indonesia is a company engaged in the field of Information Technology specializing in the areas of Professional Consulting Services for Enterprise System solution ranging from Enterprise
Website Portal & Collaboration System, ERP System,Enterprise Document Management System, and Enterprise Medical Information System.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

Share with your friends









Submit