Solusi Efisiensi Perusahaan dengan Teknologi

Persaingan di dunia perusahaan kini semakin bergerak cepat dan memunculkan sebuah standar-standar baru yang mau tak mau harus diikuti oleh setiap perusahaan. Dengan demikian perusahaan kini memang dituntut untuk terus berkembang untuk meningkatkan daya saing yang dimilikinya dengan perusahaan – perusahaan lainnya. Selain itu tingginya daya saing juga mengharuskan perusahaan untuk memberikan kinerja terbaiknya dalam setiap kesempatan di berbagi elemen.

efisiensi perusahaan dengan ERP

Dengan memanfaat teknologi informasi yang cukup berkembang dipercaya perusahaan dapat berjalan dengan lebih efisien. Selain itu dengan menggunakan IT perusahaan akan lebih mudah untuk mengelola informasi informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan adalah terkait pengolahan data informasi, dimana data informasi tersebut dapat terintegrasi dengan baik dan benar. Dengan data dan informasi yang terintegrasi dengan benar maka sudah dapat dipastikan tingkat efisiensi dalam menjalankan sebuah proses bisnis akan meningkat dan memberi keuntungan bagi semua pihak.

Namun, meski demikian tak sedikit juga perusahaan yang ingin tetap mempertahankan sistem lama dan tak menggunakan sistem informasi yang ada. Perusahaan – perusahaan tersebut masih mengandalkan tenaga individu yang bekerja pada bidang masing – masing. Sistem pekerjaan seperti dinilai kurang efisien dan cenderung membuang buang waktu. Bahkan tak jarang kesalahan komunikasi data juga dapat menghampiri sistem kerja yang masih manual. Sehingga para individu tersebut membutuhkan waktu lagi untuk berkoordinasi mengatasi kesalahan yang ada. Hal ini sangat berbanding terbalik jika perusahaan menerapkan TI untuk mengintegrasikan data sesuai dengan fungsi yang dimiliki.

Dengan memanfaatkan integrasi data tersebut maka proses bisnis dapat berjalan dengan efisian, cepat dan tepat serta memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk melakukan pengambilan keputusan sesuai dengan yang dibutuhkan. Sementara itu dalam menerapkan infrastruktur TI dalam perusahaan terdapat beberapa hal yang dipertimbangkan oleh pihak perusahaan yakni secure atau keamanan data, efisiensi biaya dan juga skalabilitas yang tinggi.

Pada umumnya perusahan sangat memperhatikan keamanan data usahanya, mulai dari data transaksi, data pelanggan, data keuangan dan data data penting lainnya, oleh karena itu dalam membangun infrastruktur IT dibutuhkan keamanan yang sangat baik. Sementara itu di lain sisi perusahaan juga memerlukan adanya sebuah efisiensi dari optimalisasi infrastruktur IT agar dapat menekan biaya sehingga biaya pun dapat dihemat secara signifikan. Selain itu perusahaan juga membutuhkan sebuah infrastruktur IT yang memiliki skalabilitas tinggi, mulai dari kapasitas yang kecil kemudian secara perlahan dan pasti tumbuh menjadi skala yang lebih besar.

Salah satu konsep yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (IT) dan paling diandalkan dalam dunia perusahaan adalah konsep Entreprise Resource Planning (ERP). Konsep tersebut sangat populer dan dipercaya dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis dalam perusahaan secara transparan dan disertai dengan akuntabilitas yang cukup tinggi. Tak heran jika banyak perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam perusahaannya.

Masuk dalam negara yang tengan berkembang, perusahaan Indonesia tentu saja membutuhkan sebuah efisiensi dalam menjalankan sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan ERP maka perusahaan yang ada di Indonesia bisa mengintegrasikan seluruh proses bisnisnya dalam satu sistem komputerisasi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa komputer yang telah terintegrasi dengan informasi yang dibutuhkan oleh masing – masing devisi dapat melayani kebutuhan perusahaan tanpa harus repot untuk meminta ke devisi yang lainnya. Secara otomatis tentu ini meningkatkan efesiensi pada perusahaan dan akan berdampak sangat positif.

Share with your friends









Submit