Solusi digital monitoring lalu lintas bisa dijadikan antisipasi kemacetan

Sebabnya macet?

Kemacetan lalu lintas memang sangat berdampak pada masyarakat, terutama dalam hal kehilangan waktu. Penyebab kondisi ini pun sebenarnya beragam, bisa karena ada perbaikan jalan, pengendara melanggar lalu lintas, dan lain sebagainya.
Nah, bagaimana jika sebab-sebab di atas sudah tidak ada tapi masih macet?
Bisa jadi karena memang lalu lintas di jalan tersebut padat yang dikarenakan juga oleh pengendara yang tidak mengetahui jalur alternatifnya.

 

Solusi digitalnya?

Maka dari itu, sebaiknya perlu diimplementasikan Sistem Informasi Monitoring Lalu Lintas yang terintegrasi. Berikut adalah gambaran besar konsep solusi digital tersebut :

sistem-monitorig-lalu-lintas

 

Sistem ini dapat mengetahui rata-rata jumlah kendaraan pada jam tertentu di jalan tertentu melalui sensor penghitung kendaraan yang dipasang di jalan-jalan. Sensor akan mengirimkan data informasi tersebut ke Sistem Informasi Monitoring Lalu Lintas untuk selanjutnya diolah datanya. Sistem Informasi Monitoring Lalu Lintas akan memberikan data informasi yang dapat dimonitoring oleh pihak pemerintah (dinas perhubungan dan dinas lain yang terkait). Dan, masyarakat dapat mengetahui kondisi lalu intas yang diinginkan melalui aplikasi mobile. Kelengkapan data informasi dan hasil pengelolaan data yang diperlukan perlu disesuaikan dengan kebutuhan semua pihak terkait, sehingga pihak pemerintah dapat mengambil kebijakan strategis dan masyarakat dapat menghindari kepadatan lalu lintas, yang pada akhirnya dapat mengurangi kemacetan.

 

— PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment —

Share with your friends









Submit