Sebaiknya ada sistem informasi tanggap bencana

Untuk apa sistem informasi tanggap bencana?

Bencana alam terjadi di luar prediksi tepat manusia, sehingga dapat terjadi kapan saja tanpa menunggu manusia siap menerimanya. Informasi yang menyebar di masyarakat terkait suatu bencana terkadang tidak sepenuhnya benar. Apalagi jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang menyebarkan informasi palsu yang dapat meresahkan masyarakat. Keterlambatan masyarakat untuk menghindari bencana dapat menambah jumlah korban, perlu adanya peringatan lebih awal diharapkan korban yang kemungkinan timbul dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem informasi terintegrasi untuk meningkatkan tanggap bencana di masyarakat, beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut :

  • Penyampaian informasi yang akurat.
    Data informasi kondisi alam yang akurat dapat disampaikan ke masyarakat melalu sistem aplikasi dan tidak akan menimbulkan keresahan karena informasi palsu yang dilebih-lebihkan.
  • Peringatan dini
    Masyarakat dapat mengetahui dengan cepat terkait kondisi alam di sekitarnya, sehingga jika ada kemungkinan timbul bencana alam maka masyarakat lebih siap menghindarinya.

Sistem informasi tanggap bencana

si-tanggap-bencana

Cara Kerja Sistem

Sensor kondisi alam (misalnya seismometer untuk mengukur getaran) akan mengirimkan data secara real time ke server sistem informasi. Dari sistem informasi tersebut dikirimkan ke aplikasi mobile yang diakses masyarakat. Kedua aplikasi saling terintegrasi sehingga data yang dikelola selalu up to date. Data informasi di sistem tersebut juga dapat dikelola oleh beberapa pihak yang berwenang sehingga dapat memberikan dasar untuk pengambilan kebijakan strategis.

Pihak yang Terlibat

  • Pemerintah Pusat / Daerah
    Pemerintah dapat memonitoring kondisi alam sesuai kondi
  • Lembaga Daerah yang Berwenang (misal BMKG Kota)
    Lembaga ini dapat meggunakan data informasi di sistem untuk menentukan kebijakan strategis.
  • Masyarakat
    Masyarakat dapat mendapatkan dan memberikan informasi terkait kondisi di lapangan melalui aplikasi mobile yang diakses.

Demikian sekilas konsep sistem informasi tanggap bencana.

PT Andromedia in Social Media

PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

Share with your friends









Submit