Monitoring Hasil Pekerjaan PU, Solusi Digital Pasti Memudahkan

Monitoring Hasil Pekerjaan PU?

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus mengerjakaan proyek pembangunan jalan raya, saluran air, dan lainnya. Proyek-proyek tersebut biasanya dikerjakan oleh vendor yang telah ditunjuk oleh dinas PU baik melalui proses lelang maupun proses penunjukan lainnya. Hasil perkerjaan PU (proyek-proyek pembangunan) tersebut perlu dimonitoring secara langsung di kondisi lapangan agar dapat digunakan dan dinikmati masyarakat secara optimal.

Monitoring ini dilaksanan oleh semua pihak yang terlibat dalam pembangunan dan penggunaan fasilitas umum (proyek pembangunan). Maka dari itu, diperlukan sebuah solusi digital berupa sistem informasi terintegrasi yang dapat memudahkan proses monitoring hasil pekerjaan PU.

 

Solusi Digital?

Solusi digital yang dapat diimplementasikan berupa sistem informasi terintegrasi untuk monitoring hasil pekerjaan PU. Sistem monitoring PU ini akan melibatkan beberapa pihak, antara lain Dinas PU dan petugas lapangannya, vendor pelaksana proyek PU, serta masyarakat umum.

sistem-informasi-monitoring-pu

 

Dinas PU

  • Dinas PU dapat menyampaikan planning dan progress yang perlu diketahui masyarakat terkait proyek PU.
  • Dinas PU dapat menerima data informasi monitoring dari petugas lapangan dan masyarakat yang disertai bukti valid (foto/rekaman/dan lainnya).
  • Dinas PU dapat mengevaluasi hasil pekerjaan vendor terkait proyek PU.

Petugas Lapangan PU

  • Petugas dapat melaporkan kondisi hasil pekerjaan PU, baik dalam tahap pengerjaan sampai perawatan (ketika hasil pembangunan selesai dan sudah digunakan masyarakat).
  • Petugas dapat menerima informasi hasil evaluasi dan kebijakan untuk selanjutnya direalisasikan di lapangan.

Vendor Pelaksana Proyek PU

  • Vendor dapat melaporkan kondisi hasil pekerjaan PU, baik dalam tahap pengerjaan sampai perawatan (ketika hasil pembangunan selesai dan sudah digunakan masyarakat) ke Dinas PU.
  • Vendor dapat menerima data informasi monitoring dari petugas lapangan dan masyarakat yang disertai bukti valid (foto/rekaman/dan lainnya).

Masyarakat

  • Masyarakat dapat melaporkan kondisi hasil pekerjaan PU, baik dalam tahap pengerjaan sampai perawatan (ketika hasil pembangunan selesai dan sudah digunakan masyarakat).
  • Masyarakat dapat menerima informasi terkait planning dan progress yang perlu diketahui masyarakat terkait proyek PU.

Demikian sekilas konsep sistem informasi terintegrasi untuk memudahkan monitoring hasil pekerjaan PU.


Our Social Media
PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

 

Share with your friends









Submit