Manfaat ERP Bagi Perusahaan

Seiring dengan berkembangnya zaman , persaingan yang terjadi antara beberapa perusahaan menjadi sangat ketat. Mereka berbondong bondong untuk memberikan kinerja terbaik bagi para konsumen atau penerima jasa. Oleh karena itu tak heran berbagai macam cara dilakukan. Salah satu cara yang kini gencar dilakukan oleh banyak perusahaan adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang kini berkembang semakin pesat.

manfaat ERP bagi perusahaan

Dengan memanfaatkan teknogi informasi yang ada, perusahaan memiliki banyak keuntungan. Mulai dari keuntungan menghemat waktu, tenaga dan juga biaya. Selain itu dengan menggunakan teknologi informasi perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas kinerja yang dimiliki. Cara lain yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya adalah dengan menerapkan ERP ( Enterprise Resource Planning) dalam proses bisnisnya.

ERP sendiri adalah sebuah sistem informasi pada perusahaan yang didesain khusus untuk menyelaraskan semua komponen sumber daya yang terdapat pada keperluan bisnis, mulai dari informasi yang diperoleh hinga aktivitas yang dilakukan dalam proses bisnis. Dasar dari sistem ERP ini adalah sebuah database pada umumnya dan desain perangkat lunak modular. Dengan mengimplementasikan sofware ERP maka seluruh departemen dan fungsi suatu perusahaan akan terintegrasi dalam satu sistem komputer. Secara otomatis komputer yang telah terintegrasi tersebut dapat melayani semua keperluan perusahaan mulai dari departmen produksi, keuangan , penjualan hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk menjalankan sistem ERP terdapat syarat penting yang harus dipenuhi. Syarat tersebut adalah adanya integrasi pada setiap bidang. Integrasi disini adalah penggabungan semua kebutuhan pada satu software dan satu logical databse. Hal tersebut untuk memudahkan semua bagian atau departemen untuk berbagi informasi dan melakukan komunikasi. Sementara itu tujuan yang ingin dicapai dari sistem ERP sendiri adalah untuk mengkoordinasi proses bisnis secara keseluruhan sehingga proses yang ada dapat terkontrol dengan baik.

Dengan demikian tak heran jika banyak perusahaan yang percaya bahwa ERP dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. Dengan memanfaatkan sistem ERP dalam proses bisnis penjualan atau bisnis yang lainnya, pengguna dapat menyelesaikan proses bisnis dengan lebih efisien karena dapat mengetahui seluruh informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Tak hanya itu semua orang dalam sebuah perusahaan juga dapat mengakses informasi yang sama dengan komputer yang dimiliki. Hanya saja informasi akan dibedakan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh tiap devisi.

Contohnya pada bisnis penjualan online, dengan menggunakan ERP semua barang yang telah dipesan akan dapat dilihat dengan jelas pergerakannya oleh devisi yang membutuhkan informasi tersebut. Dengan demikian proses bisnis akan menjadi lebih cepat sehingga pelanggan atau penerima jasa dari perusahaan akan semakin puas dengan kinerja cepat yang ditawarkan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah uraian peran ERP untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

  1. Menggunakan ERP dapat membuat proses kerja menjadi lebih cepat dan menghemat waktu. Selain itu kemungkinan duplikasi data akan semakin berkurang sehingga resiko adanya kesalahan menjadi sangat sedikit.
  2. Dengan adanya proses arus barang dan jasa yang menjadi lebih cepat, maka penjualan atau keuntungan yang didapat disebuah perusahaan akan semakin meningkat dari bulan ke bulan.
  3. Memberikan kemudahan dalam proses bisnis dimana sistem ERP akan menyuguhkan bermacam – macam data yang dibutuhkan dari bagian unit yang berbeda dengan sistematis, real time serta komprehensif.
  4. ERP dapat digunakan sebagai sistem pendukung keputusan, pelaporan, data mining, sistem informasi eksekutif , sistem peringatan dini yang membuat sesorang lebih baik dalam mengambil keputusan dan tentunya akan membuat proses bisnis semakin meningkat.
  5. ERP memberikan kesempatan pada perusahaan untuk melakukan penyempurnaan dalam sebuah proses bisnis yang berkelanjutan.
  6. ERP dapat digunakan sebagai jembatan untuk mengatasi kesenjangan informasi yang menitikkan pada isu layanan pelanggan, peningkatan produktivitas, kontrol kualitas, manajemen kas, persediaan, hingga pelayanan yang cepat.

Implementasi ERP bisa dilakukan serentak disemua bidang/divisi atau bertahap seperti yang pernah dilakukan oleh PT Andromedia Indonesia seperti penerapan proses ERP untuk rekrutment pegawai atau exploration system pada perusahaan tambang dan beberapa proyek ERP lainnya.

Share with your friends









Submit