Manfaat dan kegunaan penerapan ERP bagi bisnis perusahaan

Perkembangan aplikasi korporat atau yang biasa dikenal dengan nama ERP (Enterprise Resources Planning) memang sangat pesat, bahkan kian tahun menjadi semakin populer. Kepopuleran dari ERP sendiri bukan tanpa alasan, mengingat teknologi ini sangat berpotensi untuk meningkatkan bisnis dari suatu perusahaan. Tak hanya itu, ia juga mampu menjadi wadah sebagai sarana komunikasi antar departemen. Lantas, bagaimana kiprah ERP sebagai solusi dalam perkembangan suatu perusahaan ? Simak ulasannya berikut ini.

Awal mula munculnya ERP

Teknologi ERP terlahir dari adanya keinginan para perusahaan yang masih dalam tahap perkembangan dalam meningkatkan daya persaingan dengan lebih efektif. Namun dalam hal ini, perusahaan berkemauan untuk mampu melakukan pengelolaan logistik dan biaya yang dikeluarkan lebih minim. Teknologi ini pun akhirnya muncul di akhir tahun 1980-an. Kala itu, ERP dimanfaatkan oleh organisasi besar yang tengah mencari jalan keluar untuk melakukan pengelolaan terhadap data bisnis yang dimilikinya. Lambat laun, teknologi ini pun diklaim mampu memecahkan berbagai permasalahan operasional terkait perusahaan, sehingga perusahaan mampu mengantongi jumlah keuntungan yang tidak sedikit.

Apa saja manfaat dan kegunaan penerapan ERP di  perusahaan?

Komunikasi lancar
Berperan sebagai pusat dari data perusahaan, ERP tentunya menyimpan berbagai informasi di satu tempat kerja. Dalam hal ini, baik petinggi atau karyawannya pun mampu mengetahui berbagai permasalahan yang muncul yang mampu menghambat produktivitas perusahaan. Dengan demikian, mereka pun akan lebih terbuka dan sigap untuk segera mengatasi permasalahan tersebut sebelum mengakibatkan hal yang serius.

Efisiensi yang lebih besar
Solusi ERP selanjutnya ialah mampu mengefisiensikan waktu, sehingga produktivitas yang dihasilkan akan lebih besar. Selain mengefisiensikan waktu, sistem yang kreatif dan inovatif dari ERP mampu meningkatkan komunikasi dan melaksanakan berbagai tugas dengan kesalahan yang minim. Teknologi ERP juga mampu memprediksi data bisnis dalam jumlah yang cukup besar, sehingga memberikan kemudahan bagi para CEO beserta timnya untuk melakukan perumusan strategi pemasaran yang terbaru dan kreatif.

Saved Money
Dijuluki sebagai cost effective, teknologi ERP telah terbukti mampu untuk melakukan berbagai fungsi pekerjaan dan menghemat waktu secara efisien. Tentu hal ini tidak membutuhkan biaya yang tinggi karena ERP dapat dikatakan sangat murah, baik dalam melakukan penginstalan maupun pemeliharaan. Terlebih lagi, di era yang serba modern ini, berbagai perusahaan telah memiliki sistem yang menerapkan fungsi pekerjaan yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan proses yang lebih rumit, yakni harus melalui proses analisis terlebih dahulu kemudian baru diperbarui. Namun sebaliknya, rupanya teknologi ERP mampu mengatasinya dengan baik sehingga mampu menghemat uang, serta waktu.

Meningkatkan layanan pelanggan
Keberhasilan dari suatu perusahaan biasanya juga dinilai dari pelayanannya terhadap para pelanggan. Semakin baik pelayanan terhadap pelanggan, maka pemenuhan kebutuhan pelanggan pun akan lebih meningkat. Dirancang agar mampu meningkatkan efisiensi, teknologi ERP ini mampu melakukan pengelolaannya dengan baik. Dampak baiknya, pelanggan pun akan lebih tepat waktu dalam menerima produk atau jasa yang diingin atau dibutuhkan. Memberikan pelayanan yang tepat tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi si pelanggan.

Menjauhkan pesaing
Persaingan antar perusahaan memang menjadi hal yang wajar, selama perusahaan tersebut memiliki infrastruktur yang tepat. Untuk mampu menghasilkan infrastruktur tersebut, nampaknya ERP mampu menjawab segalanya. Mengingat di era digital ini, hampir seluruh bisnis memang memiliki cita-cita bersaing di pasaran. Untuk mampu menampilkan posisi yang tepat di mata pelanggan dan rekan bisnis, perusahaan tentunya harus memiliki pengelolaan operasi bisnis yang lebih baik.

Memilih aplikasi ERP dan juga vendor juga menjadi perhatian tersendiri. Perusahaan harus selektif memilih aplikasi dan vendor, alih-alih ingin melakukan efisiensi tetapi saat penerapan malah banyak kendala dan sistem tidak berfungsi dengan baik sehingga merugikan proses bisnis perusahaan. TIps memilih vendor dan aplikasi, bisa klik disini.

Share with your friends









Submit