Kumpulan Buku Startup dan Entrepreneurship Pilihan Minggu Ini

Kumpulan Buku Startup dan Entrepreneurship Pilihan Minggu Ini

 

 

Seperti biasa, setiap minggunya saya selalu menghadirkan rekomendasi buku-buku terkait dunia startup dan entreprenurship yang menarik untuk kamu baca. Kali ini, saya menampilkan buku yang menceritakan kisah sukses dari e-commerce Alibaba dan jaringan kedai kopi Starbucks.

Selain itu, saya juga mengangkat buku yang membahas tentang keamanan data pribadi di era digital, serta bagaimana cara menghasilkan karya dengan cara yang lebih efektif.


Alibaba: The House That Jack Ma Built

Alibaba | Cover

Sumber gambar: Director

Dalam waktu sepuluh tahun sejak didirikan, seorang mantan guru bernama Jack Ma sukses membawa Alibaba menjadi e-commerce raksasa di negeri Cina. Tak hanya itu, kini Jack Ma pun berhasil membawa bisnis Alibaba ke kancah dunia. Saat ini mereka tengah bersaing ketat dengan penguasa bisnis jual beli online asal Amerika Serikat, yaitu Amazon.

Bagaimana sebenarnya Jack Ma melakukan itu semua? Pertanyaan inilah yang coba dijawab oleh Duncan Clark dalam bukunya yang berjudul Alibaba.

Clark sendiri telah bertemu dengan Jack Ma pada tahun 1999 di sebuah apartemen kecil, ketika Jack Ma baru mulai mendirikan Alibaba. Ia bahkan pernah menjadi penasihat bisnis bagi Alibaba di masa-masa awal kemunculannya.

Dengan pengalaman tersebut, Clark pun menjabarkan bagaimana sebenarnya Jack Ma mengatasi kesalahan-kesalahan yang ia buat, hingga kini bisa begitu sukses. Ia juga menjelaskan strategi Jack Ma ketika mengatasi para pesaing, serta bagaimana pemerintah Cina memandang bisnis digital seperti yang dijalankan Alibaba.

 


Future Crimes: Everything is Connected, Everyone is Vulnerable, and What We Can Do about It

Future Crimes | Cover

Sumber gambar: FactoryTwoFour

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ternyata tidak selalu dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Dalam buku Future Crimes, seorang analis keamanan bernama Marc Goodman menjelaskan kalau kemajuan teknologi, terutama internet, ternyata juga membuat para penjahat kini makin mudah untuk melaksanakan aksi kejahatannya.

Dalam buku tersebut, Goodman menjelaskan kenyataan kalau data-data penting yang kamu miliki seperti password, nomor kartu kredit, hingga uang yang tersimpan di bank, sebenarnya tidak sepenuhnya aman dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Ia pun menerangkan beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aman dalam menggunakan internet dan teknologi-teknologi baru lainnya.

 


Rework

Rework | Cover

Sumber gambar: ShopHolidays

Untuk bisa sukses dalam bisnis, banyak orang yang beranggapan kalau mereka harus menjadi sosok yang gila kerja (workaholic), mendapat investasi yang banyak, serta merencanakan segala sesuatu dengan sempurna sejak awal. Namun menurut Jason Fried dan David Heinemeier Hansson, yang perlu kamu lakukan hanya berhenti bicara hal-hal yang tidak penting, dan mulai bekerja.

Dalam buku Rework, mereka coba menunjukkan bagaimana kamu bisa bekerja dengan lebih produktif dan dikenal orang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dengan buku ini, Fried dan Hansson berusaha memberikan inspirasi kepada para developer, pengusaha, hingga seniman, agar mereka bisa lebih efisien dalam menyelesaikan tugas.

 


Onward: How Starbucks Fought for Its Life without Losing Its Soul

Onward | Cover

Sumber gambar: Flickr

Pada tahun 2000, Howard Schultz memutuskan untuk mundur dari kursi kepemimpinan di jaringan kedai kopi Starbucks. Namun saat melihat perusahaan yang pernah ia pimpin itu mulai kehilangan arah, Schultz memutuskan untuk kembali ke posisi tersebut pada tahun 2008. Dalam buku Onward ini, ia pun berusaha untuk menjelaskan beberapa hal yang ia lakukan demi mengembalikan kejayaan Starbucks.

Schultz menjelaskan filosofinya ketika menjadi pemimpin, yaitu dengan membangun sistem pendidikan yang akhirnya mendorong karyawan mereka untuk memberi performa terbaik, bahkan di masa-masa sulit sekalipun. Schultz pun menerangkan bagaimana ia terbuka dengan hal-hal baru, seperti bekerja sama dengan World of Warcraft untuk memancing para remaja pria agar berkunjung.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

We provide various advisory solution such as IT Business Plan, Master Plan & Architecture, Monitoring, Service Management, and Project Management to enhance and enable system solution to cope with business process change or re-engineering.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

 

 

Share with your friends









Submit