Konsultan IT, kebutuhan dan fungsi konsultan IT untuk perusahaan

Perkembangan teknologi komputer dan internet yang cukup pesat membuat ketergantungan manusia terhadap akses informasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dampak baiknya kebutuhan untuk menjadi “sosok” handal dalam dunia teknologi informasi semakin meningkat secara drastis, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk mempelajari IT semaksimal mungkin.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mudah dan stabilnya akses internet hingga ke pelosok negeri dengan berbagai perangkat, baik laptop maupun gadget tidak lepas dari para sosok IT yang senantiasa memantau dan bekerja dengan baik. Lancarnya akses Instagram, WhatsApp, BlackBerry Messenger, Google dan berbagai aplikasi lainnya tidak lepas dari peran para sosok IT. Meskipun diakses oleh hampir seluruh manusia di dunia tiap harinya, namun jarang ditemukan media tersebut mengalami trouble atau gangguan yang berlangsung lama.

Tingginya konsumsi masyarakat tentang IT membuat perusahaan konsultan IT mulai berjamur berbagai negara di dunia, termasuk salah satunya di negara Indonesia. Dimana peran dari perusahaan IT sendiri ialah memberikan masukan dan memecahkan masalah terkait teknologi informasi pada perusahaan yang memang tengah membutuhkan jasa konsultasi. Dalam hal ini, jelas saja konsultan IT memiliki peranan yang cukup penting karena bertindak sebagai sosok yang dianggap mampu memberikan kemajuan terhadap perusahaan yang memang telah menerapkan teknologi komputer dan internet sebagai sarana operasional bisnis. Tak hanya itu, konsultan IT disini juga bertugas untuk memberikan solusi ketika menemui permasalahan IT yang terjadi pada perusahaan.

Dirasa mampu mengantongi keuntungan finansial yang cukup tinggi ketika menggunakan IT, secara tidak langsung perusahaan memang sangat bergantung dan membutuhkan adanya konsultan IT yang handal dan profesional agar berbagai kepentingan perusahaan yang berkaitan dengan teknologi informasi dan internet dapat berjalan baik. Bagaimana tidak, ketika memutuskan untuk membentuk divisi IT untuk mengawasi berbagai sistem IT dalam kesehariannya, tentunya biaya yang dikeluarkan akan cukup besar. Alternatif terbaiknya ialah menggunakan jasa konsultan IT, tepatnya menjalin kontrak kerja sama dengan perusahaan konsultan IT.

Dalam hal ini, konsultan IT memang tidak siap sedia tiap harinya, namun ia akan melakukan pemeriksaan pada perusahaan secara berkala. Selain itu, konsultan IT juga akan memberikan tanggapan yang cepat ketika menemui adanya sesuatu yang berisiko memberikan kerugian terhadap perusahaan.

Lantas apa saja fungsi dari perusahaan konsultan IT ? Berikut fungsi-fungsi dari berdirinya perusahaan konsultan IT.

  1. Memberikan konsultasi dan solusi terkait komputer, baik perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan cara menyelesaikan suatu permasalahan pada komputer.
  2. Mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak yang bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap kinerja dari suatu perusahaan. Contoh aplikasi yang sering dikembangkan ialah aplikasi penggajian, aplikasi seleksi karyawan dan lain sebagainya.
  3. Memberikan saran dan pemahaman terkait penting dan perlunya adanya penerapan networking pada sebuah perusahaan. Penerapan networking yang baik, tentu mampu menghubungkan antar departemen, dimana hal ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan menyebarkan informasi secara menyeluruh.
  4. Mengadakan training atau pelatihan jika perusahaan membutuhkan. Jika diminta, konsultan IT harus memberikan pengarahan terhadap para karyawan dalam sebuah perusahaan terkait penggunaan komputer untuk mengefisiensikan pekerjaan.
  5. Mendesain website perusahaan sebagai company profile, serta menampilkan jenis layanan yang diberikannya kepada publik. Hal ini dapat dikatakan sebagai media promosi dan publikasi secara online.

Untuk menjadi konsultan IT yang handal, tentunya harus melek terhadap teknologi. Tak hanya itu, ia pun harus paham betul terkait perkembangan teknologi dan komputer dari awal hingga saat ini. Dengan demikian, konsultan IT pun harus senantiasa bersifat responsif menghadapi hal-hal baru yang muncul. Berikut kemampuan-kemampuan yang harus wajib dimiliki oleh konsultan IT.

  1. Menguasai server
  2. Menguasai jaringan dengan baik, baik dari install hingga mengatasi troubleshooting
  3. Paham akan troubleshooting hardware dan software
  4. Mengetahui dan bahkan menguasai pengetahuan hacking atau cracking
  5. Menguasai html, php, database, mysql, dan ajax
  6. Menguasai sistem operasi hingga terperinci
  7. Mampu mendesain dan mengoperasikan seluruh software desain grafis, yakni 8. Photoshop, 3Dmax, CorelDraw dan lainnya
  8. Menguasai software video editing
  9. Menguasai software sound editing dengan baik
  10. Paham software antivirus dan mampu membasmi segala jenis virus
  11. Paham dan menguasai berbagai software
  12. Mengerti kinerja hardware, serta mampu mengatasi permasalahan yang terjadi para printer dan monitor.

    Jika perusahaan memutuskan untuk memakan jasa konsultan IT, penjelasan diatas dapat menjadi salah satu acuan perusahaan menentukan kualitas pelayanan perusahaan penyedia jasa implementasi IT. Oy, pengalaman atau track record perusahaan juga harus diperhatikan untuk mengetahui kehandalan perusahaan IT tersebut.

Share with your friends









Submit