Ketenagakerjaan akan terkelola lebih baik dengan solusi digital sebagai penunjangnya

Ketenagakerjaan akan terkelola lebih baik dengan solusi digital sebagai penunjangnya

Upaya dalam memberikan sosialisasi, arahan, dan pendampingan untuk memberikan lapangan kerja akan lebih mudah jika menggunakan sistem informasi sebagai solusi digital untuk menunjangnya. Dengan adanya sistem informasi tenaga kerja tersebut, data informasi yang meliputi sosialisasi, proses rekrutmen, pendampingan, sampai pengawasan dapat dikelola dengan baik dan jelas. Berikut ini adalah sekilas konsep sistem informasi yang dapat dikembangkan untuk menunjang upaya memberikan lapangan kerja :

 

 

Akses sistem informasi

Sistem informasi ini dapat diakses melalui aplikasi web maupun aplikasi mobile. SIstem informasi kebersihan kota tersebut akan diakses oleh beberapa stakeholder terkait, seperti pemerintah pusat/daerah, dinas sosial & tenaga kerja, dinas lain yang terlibat, pemberi kerja, pencari kerja, dan masyarakat.

 

Stakeholder & Manfaat

Pemerintah Pusat/Kota

  • Dapat mengetahui perkembangan ketenagakerjaan di Indonesia.
  • Dapat memonitoring bidang pekerjaan yang ada dalam pengawasan.
  • Dapat berkoordinasi dengan Dinas Sosial & Tenaga Kerja, dan dinas lain yang terlibat.
  • Dapat memberikan keputusan kebijakan terkait ketenagakerjaan berdasarkan data informasi yang ada.
  • Dapat menerima informasi kritik/saran dari stakeholder lainnya.

Dinas Sosial & Tenaga Kerja dinas lain yang terlibat

  • Dapat berkoordinasi dengan Pemerintah pusat/daerah.
  • Dapat memonitoring bidang pekerjaan yang ada dalam pengawasan di wilayah kerjanya.
  • Dapat memberikan informasi berupa pengumuman/sosialisasi kepada pemberi kerja, pencari kerja, dan masyarakat.
  • Dapat menerima informasi kritik/saran dari stakeholder lainnya.

Pemberi Kerja

  • Dapat memberikan informasi pekerjaan yang dapat diberikan/dibuka peluang untuk pencari kerja.
  • Dapat menerima informasi berupa pengumuman/sosialisasi dari pemerintah puat/daerah, dinas sosial & tenaga kerja, serta dinas lain yang terlibat.
  • Dapat menerima informasi kritik/saran dari stakeholder lainnya.

Pencari Kerja

  • Dapat menerima informasi berupa pengumuman/sosialisasi dari pemerintah puat/daerah, dinas sosial & tenaga kerja, serta dinas lain yang terlibat.
  • Dapat menerima informasi pekerjaan yang diberikan/dibuka peluang oleh pencari kerja.
  • Dapat menerima informasi kritik/saran dari stakeholder lainnya.

Masyarakat

  • Dapat melaporkan kondisi di lapangan terkait ketenagakerjaan.
  • Dapat menerima informasi berupa pengumuman/sosialisasi dari pemerintah puat/daerah, dinas sosial & tenaga kerja, serta dinas lain yang terlibat.
  • Dapat menerima informasi kritik/saran dari stakeholder lainnya.

Demikian sekilas konsep sistem informasi yang dapat dikembangkan untuk menunjang pengelolaan ketenagakerjaan yang dimonitoring pemerintah.

 


PT Andromedia in Social Media

PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

 

 

Share with your friends









Submit