Kapankah Hari yang Tepat untuk Mengirimkan Email Pemasaran?

Kapankah Hari yang Tepat untuk Mengirimkan Email Pemasaran?

 

Apakah kamu sudah menggunakan email pemasaran untuk mempromosikan suatu merek? Banyak orang yang telah memakai tool email pemasaran terbaik dengan strategi sedemikian rupa. Akan tetapi, semua itu gagal hanya karena waktu pengiriman email yang tidak tepat. Kamu sudah bersusah payah membuat email pemasaran, namun tidak ada pelanggan yang membukanya. Terdengar sangat menyedihkan.

Waktu pengiriman email mungkin terdengar sepele. Namun waktu pengiriman yang tepat sebenarnya dapat membuat email kamu menjadi lebih efektif.

Jadi, kapankah hari yang tepat untuk mengirimkan email pemasaran?

Senin

Jam Kerja | Kesibukan

Sebagai hari yang memulai awal minggu, hari Senin adalah hari paling sibuk. Mengirimkan email pemasaran pada hari Senin sangatlah tidak tepat. Rata-rata orang memiliki kebiasaan untuk “membersihkan” Inbox dari email yang tidak diinginkan pada minggu sebelumnya. Kemudian biasanya mereka akan terburu-buru dalam memprioritaskan email mana yang penting untuk pekerjaan mereka dalam minggu ini.

Jadi, jangan berharap email kamu akan tetap bertengger cantik di Inbox para pelanggan. Sebaliknya, besar kemungkinan email akan dihapus karena tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Kamu dapat mengirimkan email pemasaran pada hari Senin, jika ternyata target kamu tidak mengikuti jam kantor pada umumnya—atau jika kamu memiliki nyali yang besar dan sangat yakin bahwa email kamu akan mencuri perhatian di antara deretan email lainnya. Siapa tahu para pelanggan tertarik membuka email dari kamu, ketika mereka sedang membersihkan Inbox.

Selasa

Hari produktif dalam seminggu biasanya antara hari Selasa hingga Kamis. Pelanggan sudah memiliki lebih banyak waktu dalam mengelola email, karena Inbox sudah mulai bersih. Ada kemungkinan pelanggan membuka email pemasaran yang kamu kirimkan.

Rabu

Berdasarkan penelitian, Rabu adalah hari dengan open rate terbesar kedua dalam seminggu, karena para pelanggan sudah mulai membuat rencana untuk kegiatan mereka di akhir pekan. Inilah kesempatan yang baik untuk memberikan penawaran kepada pelangganmu.

Kamis

Di antara seluruh hari dalam seminggu, Kamis adalah juaranya! Kamis merupakan hari terbaik untuk mengirimkan email pemasaran.

Di hari ini, rata-rata orang merencanakan bagaimana mereka akan menghabiskan akhir pekannya. Akan tetapi, sisi negatifnya adalah banyaknya email pemasaran yang dikirimkan pada hari ini, sehingga persaingan kamu dengan para kompetitor lebih besar.

Jumat

email marketing | akhir pekan

Sumber: Unsplash

Hari Jumat adalah hari dengan jumlah pengiriman yang tinggi. Namun, hanya sedikit email yang dibuka karena Jumat sudah terlalu dekat dengan akhir pekan. Dengan kata lain, semakin mendekati akhir pekan, maka semakin sedikit orang yang membuka email.

Sah-sah saja jika kamu ingin mencoba peruntungan dengan mengirimkan email pada hari Jumat. Siapa tahu ada beberapa pelanggan kamu yang masih merasa bingung untuk menentukan bagaimana mereka akan menghabiskan akhir pekan pada menit-menit terakhir.

Akhir pekan

Pada hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengguna yang membaca email jauh lebih sedikit. Tapi jika para pelanggan membuka email, maka mereka akan benar-benar memperhatikan email yang masuk, karena mereka memiliki lebih banyak waktu untuk membacanya. Jika target pasar kamu adalah keluarga, maka mengirimkan email di akhir pekan bisa menjadi opsi yang menarik.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

We provide various advisory solution such as IT Business Plan, Master Plan & Architecture, Monitoring, Service Management, and Project Management to enhance and enable system solution to cope with business process change or re-engineering.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

Share with your friends









Submit