Gubernur Jateng Nilai Kinerja Humas Pemda Belum Optimal, solusi digital kuncinya.

Gubernur Jateng Nilai Kinerja Humas Pemda Belum Optimal

kinerja-humas-pemda-belum-optimal
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

WONOSOBO – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menilai kinerja jajaran hubungan masyarakat pemerintah daerah di 35 kabupaten/kota, belum optimal.

“Humas di Jateng rata-rata masih mlempem karena tugas utama menjadi penghubung antara pemerintah dengan rakyatnya, belum efektif,” katanya di Kabupaten Wonosobo, Kamis (13/10/2016).

Kritikan tersebut disampaikan Ganjar saat memberikan pengarahan kepada semua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Wonosobo di Kantor Bupati Wonosobo.

Menurut dia, jajaran humas pemda seharusnya bisa lebih kreatif dan semua kegiatan yang dilakukan pemerintah disampaikan ke publik agar masyarakat mengetahui bahwa jajaran pemerintah bekerja sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan karena telah membayar pajak.

“Humas bisa menyampaikan kegiatan pemda melalui media sosial agar masyarakat tahu. Ini zaman modern,” ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Ganjar meminta pemerintah kabupaten/kota mulai mengubah cara pandang terkait dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya minta pemkab/pemkot membuat layanan informasi dan aduan masyarakat secara terbuka melalui berbagai media sosial dan dikelola oleh humas di masing-masing daerah,” kata mantan anggota DPR itu.

Ganjar mengungkapkan sejumlah aduan masyarakat di daerah saat ini banyak yang disampaikan ke Pemprov Jateng melalui twitter, email, SMS dan website, padahal mayoritas keluhan tersebut adalah kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota.

“Kalau yang begitu, terus saya mau meneruskan berikan ke siapa, sedangkan penanganan ini menjadi wewenang pemerintah daerah,” ujar Ganjar.

Sumber : news.okezone.com


Bagaimana mengoptimalkan Humas Pemda dengan solusi digital ?

Humas adalah hubungan masyarakat yang berarti memiki peran memberi dan menerima informasi ke dan dari masyarakat. Untuk Pemda Jateng masih dirasa gubernur Jateng kurang optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penghubung pemerintah dan rakyatnya. Mengingat bahwa banyak aduan masyarakat daerah yang disampaikan ke Pemprov Jateng melalui media digital (twitter,email,SMS, dan website) padahal aduan tersebut adalah kewenangan pemerintah kabupaten/kota. Dari kondisi tersebut dapat dilihat kemungkinan alasannya :

  1. Pemerintah Kabupaten/Kota belum menyediakan media informasi dan pengaduan yang dapat diakses masyarakat.
  2. Pemerintah Kabupaten/Kota sudah memiliki media informasi publik tapi tidak menggunakannya dengan optimal. Sehingga aduan masyarakat langsung ke tingkat Pemprov Jateng.

Nah, solusi digital yang kami, PT Andromedia, memiliki saran solusi digital untuk masalah seperti ini yang mungkin terjadi di Pemda lain. Tiga prinsip dalam pemanfaatan teknologi informasi yang mencakup perancangan sampai pengimplementasian sistem adalah sebagai berikut

  • Process
    Alur secara proses SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam penyampaian informasi ke masyarakat dan pengaduan/penerimaan informasi dari masyarakat harus dipastikan sudah baik dan optimal.
    Penyampaian informasi
    Peyampaian informasi ke masyarakat sebaiknya dual layer, yaitu disampaikan langsung dari lembaga terkait ke masyarakat dan disampaikan ke lembaga/pejabat pemerintah di tingkat bawah dan bawah selanjutnya.
    Penerimaan informasi (pengaduan)
    Penerimaan informasi dari masyarakat juga sebaiknya dual layer, yaitu dari masyarakat langsung ke lembaga atau satuan kerja yang tepat dan dari masyarakat ke lembaga terdekatnya lalu lembaga tersebut yang akan meneruskan ke lembaga di atasnya.
  • System
    Setelah SOP telah disusun dengan baik, sistem terintegrasi perlu dikembangkan untuk menunjang pelaksanaan SOP dengan optimal. Pemkab maupun pemkot, minimal bisa mencontoh Pemprov Jateng yang sudah menggunakan media digital seperti Website, SMS, Email, Sosial Media (Twitter dan lainnya). Akan tetapi perlu juga dikembangkan Sistem Informasi Humas tersendiri yang juga dapat terhubung dengan media digital tersebut. Sistem integrasi tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :sistem-informasi-publik
  • People
    Seluruh stakeholder terkait penerapan sistem terintegrasi di atas harus dipersiapkan dan dipastikan mampu menggunakan sistem dan mengolah data informasinya dengan benar dan optimal.

PT Andromedia siap memberikan layanan kepada Pemerintah untuk mengembangkan Sistem Informasi Publik yang teringrasi untuk bidang apapun, seperti bidang humas yang telah disampaikan di atas.

— PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment —

Share with your friends









Submit