Dengan teknologi, sebaiknya masyarakat dapat memantau kualitas air PDAM yang dikonsumsi

Dengan teknologi, sebaiknya masyarakat dapat memantau kualitas air PDAM yang dikonsumsi

Di daerah perkotaan, hampir semua air yang dikonsumsi masyarakat adalah air yang diolah oleh PDAM. Akan tetapi masyarkat tidak mengetahui kualitas air tersebut setiap hari secara nilai ilmiahnya. Memang hasil olahan PDAM sudah pasti layak konsumsi untuk masyarakat karena telah memenuhi standar kualitas yang diawasi pemerintah, tapi tidak ada salahnya jika masyarakat juga mengetahui nilai ilmiah dari kualitas air tersebut.

Berikut ini konsep sistem informasi terintegrasi yang dapat dikembangkan agar masyarakat dapat mengetahui kualitas air PDAM yang dikonsumsinya :

si-pdam

Cara Kerja

Sistem informasi berbasis aplikasi web akan diintegrasikan dengan sistem sensor pendeteksi kualitas air yang ada di pusat penampungan air dan jalur distribusi air. Dari sensor-sensor tersebut akan dikirim ke sistem informasi tersebut. Dari data informasi yang diolah, PDAM dapat memonitoring, mengevaluasi, dan mengambil kebijakan strategis dalam upaya memberikan kualitas air yang terbaik untuk masyarakat (pelanggan). Petugas PDAM di lapangan akan melakukan controlling  kualitas air di jalur distribusi air PDAM dan melaporkan kondisi di lapangan ke kantor PDAM. Dengan sistem ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat (pelanggan) dalam pemantauan kualitas air PDAM yang dikonsumsinya.

Stakeholder dan Manfaat

Pihak PDAM

  • PDAM dapat mengelola data informasi kualitas air yang diolah dan didistribusikan ke masyarakat (pelanggan).
  • PDAM dapat berkoordinasi dengan petugas lapangan melalui sistem informasi.
  • PDAM dapat memberikan informasi/sosialisasi/pengumuman kepada masyarakat (pelanggan) melalui sistem aplikasi.

Petugas Lapangan PDAM

  • Petugas lapangan dapat berkoordinasi dengan kantor PDAM.
  • Petugas lapangan dapat memberikan data informasi sesuai kondisi di lapangan kepada pihak kantor PDAM melalui sistem aplikasi mobile.
  • Petugas lapangan dapat memberikan informasi/sosialisasi/pengumuman insidentil sesuai kondisi yang terjadi di lapangan pada masyarakat (pelanggan).

Masyarakat (Pelanggan)

  • Masyarakat (pelanggan) dapat menerima informasi kualitas air yang didistribusikan PDAM.
  • Masyarakat (pelanggan) dapat menerima informasi/sosialisasi/pengumuman dari kantor maupun petugas lapangan PDAM.
  • Masyarakat (pelanggan) dapat memberikan kritik dan saran melalui sistem aplikasi mobile.

Demikian sekilas konsep sistem informasi terintegrasi untuk pemantauan kualitas air PDAM yang dikonsumsi masyarakat.


PT Andromedia in Social Media

PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

Share with your friends









Submit