Berhasil Layani 16 Ribu Transaksi Pinjaman, UangTeman Lebarkan Sayap ke Bali

Berhasil Layani 16 Ribu Transaksi Pinjaman, UangTeman Lebarkan Sayap ke Bali

 

Pada tanggal 1 Februari 2017 yang lalu, layanan pinjaman online UangTeman akhirnya resmi meluncurkan layanan mereka di Bali. Pulau dewata tersebut menjadi daerah kesembilan di mana UangTeman beroperasi, setelah Jabodetabek, Jogja, Magelang, Solo, Klaten, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Di akhir tahun 2016 yang lalu, UangTeman menyatakan kalau pada tahun ini mereka juga akan melebarkan sayap bisnis ke beberapa daerah lain di luar Pulau Jawa, mulai dari Makassar, Balikpapan, Palembang, hingga Jambi.

Menurut Rio Quiserto, Deputi CEO UangTeman, keputusan untuk berekspansi ke Bali mereka ambil karena banyaknya permintaan pinjaman yang berasal dari daerah tersebut. Untuk menarik lebih banyak pengguna, mereka pun menghadirkan diskon bunga pinjaman khusus untuk masyarakat Bali menjadi 0,5 persen per hari, hingga tanggal 3 Maret 2017.

Momen ini pun dimanfaatkan UangTeman untuk meluncurkan aplikasi mobile bagi para pengguna perangkat berbasis iOS. Sebelumnya, sekitar bulan Maret 2016 silam, mereka pun telah meluncurkan aplikasi Android.

“Dengan keberadaan aplikasi mobile untuk Android dan iOS, kami menargetkan proses pencairan uang ke rekening peminjam yang biasanya bisa mencapai dua hari kerja, menjadi hanya lima belas menit sejak aplikasi diajukan,” ujar Darmawan Zaini, Chief Technology and Product Officer UangTeman, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

UangTeman Aplikasi iOS | Screenshot

Sayangnya, sejauh ini UangTeman masih tetap bertahan untuk memberikan pinjaman dari kantong mereka sendiri, atau yang biasa dikenal dengan istilah balance sheet lending. Hal ini membuat mereka belum bisa bernaung di bawah aturan yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir tahun 2016 lalu, yang khusus mengatur tentang bisnis peer to peer (P2P) lending.

Menyikapi aturan tersebut, CEO UangTeman Aidil Zulkifli sebenarnya telah menyatakan kalau pihaknya juga akan ikut masuk ke bisnis P2P lending, namun belum menyatakan kapan mereka akan melakukannya.

Beroperasi sejak bulan April 2015, UangTeman masih fokus menghadirkan pinjaman mikro mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 juta, dengan jangka waktu pinjaman mulai dari sepuluh hingga tiga puluh hari. Untuk setiap pinjaman pertama, mereka menetapkan bunga sebesar satu persen per hari.

Hingga saat ini, UangTeman menyatakan kalau mereka telah mempunyai lima ribu peminjam dengan jumlah pinjaman yang mencapai enam belas ribu transaksi. Menurut Rio, hal ini menandakan kalau ada banyak nasabah mereka yang kembali mengajukan pinjaman setelah melunasi pinjaman sebelumnya.

Hingga akhir tahun 2016 yang lalu, UangTeman pun mengklaim kalau mereka telah menyalurkan pinjaman dengan total nominal Rp32 miliar. Sebanyak tiga puluh persen di antaranya digunakan oleh para peminjam sebagai modal pengembangan usaha.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

Andromedia, PT well known as Andromedia Indonesia is a company engaged in the field of Information Technology specializing in the areas of Professional Consulting Services for Enterprise System solution ranging from Enterprise
Website Portal & Collaboration System, ERP System,Enterprise Document Management System, and Enterprise Medical Information System.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

 

Share with your friends









Submit