Aplikasi Groupware / Shared Management yang Memudahkan Pekerjaan

collaborative software

Tak banyak orang mengenal istilah ini, pada dasarnya bagi para pekerja kantor apalagi di tengah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini dibutuhkan adanya aplikasi Groupware. Apalagi bagi kantor atau perusahaan pemula dan perusahaan yang sudah besar pasti merasa pentingnya penggunaan aplikasi Groupware karena memberikan manfaat yang sangat besar.

Pada dasarnya pengertian dari Groupware atau sering kali disebut dengan kata Collaborative software merupakan sebuah perangkat atau aplikasi, perangkat lunak komputer yang didesain secara langsung untuk dapat membantu seseorang dalam mengerjakan berbagai tugas secara bersama tentunya tujuannya juga sama. Nah, kelebihan dari software yang satu ini adalah pekerjaannya bisa dikerjakan secara bersamaan dalam tempat yang berbeda sehingga tentu saja begitu bermanfaat bagi perusahaan.

Di kantor biasanya setiap pekerja memegang komputer masing-masing. Namun yang mereka kerjakan adalah pekerjaan bersama yang memiliki tujuan sama pula. Tentu saja dalam hal ini sebuah kantor atau perusahaan membutuhkan yang namanya software groupware untuk dapat melakukan kolaborasi dalam mengerjakan tugas bersama tersebut menggunakan komputernya masing-masing. Antar pegawai kantor ini bisa mengerjakan setiap tugasnya, bertukar informasi bahkan bertukar file dengan cepat, mengerjakan satu file secara bersamaan dalam situasi berbeda bisa dilakukan dengan aplikasi Groupware.

Peter dan Trudy Johnson Lenz merupakan pakar pertama yang memberikan istilah pada pengertian Collaborative Software, mereka menyebutkan bahwa definisinya adalah sebuah proses kelompok yang dilakukan secara sengaja bisa ditambahkan dengan menggunakan perangkat lunak untuk dapat mendukung pekerjaan tersebut.

Collaborative software atau groupware ini dibuat untuk dapat memberikan perubahan mengenai teknik berbagi dokumen versi lawas ke versi terbaru memanfaatkan perkembangan teknologi. Maksudnya dengan menggunakan software ini maka bisa memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi file atau dokumen dari rich media sehingga bisa terjadi adanya kolaborasi tim dalam sebuah perusahaan antar karyawan yang bertugas, dengan adanya software groupware ini tentu saja bisa membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif digunakan dalam sebuah perusahaan atau kantor.

Dalam hal ini, kolaborasi memiliki hubungan erat dengan meningkatnya teknologi informasi. Kolaborasi ini tentu saja membutuhkan berbagai aspek untuk dapat mengolah dan mengoperasikannya. Hal yang penting dibutuhkan dalam kolaborasi sejenis ini adalah adanya kerja sama antar pekerja yang saling melakukan kerja sama secara terkoordinasi, artinya memiliki satu tujuan yang sama dengan mengerjakan pekerjaan tertentu.

Maksud dari penyelesaian tujuan itu merupakan tujuan utama dan paling utama supaya bisa terjalin adanya kerja sama yang lebih efektif dan efisien antara pekerja dan dalam mengerjakan tugas kantor. Perangkat ini tentu saja sangat membantu para karyawan dalam melakukan kolaborasi suatu dokumen untuk dikerjakan dan mencapai tujuan tertentu yang sama. Tak sebagatas itu saja, software ini juga bisa difungsikan sebagai manajemen proyek, misalnya saja seperti melakukan tugas pekerjaan, memberikan pengaturan tentang tanggal serta waktu, memberikan fitur kalender bersama.

Banyak sekali aplikasi groupware/collaborative software yang bisa digunakan dengan gratis maupun berbayar, seperti:

Meskipun demikian, terkadang beberapa perusahaan yang concern dengan sekuritas tinggi terhadap data perusahaan tidak ingin menggunakan software bebas seperti diatas sehingga mereka membutuhkan software yang didesain khusus untuk internal perusahaan. Untuk itu dibutuhkan software house yang handal yang dapat membuat software khusus internal perusahaan. Sebelum memilih software house, ada baiknya memperhatikan poin-poin berikut ini .

Share with your friends









Submit