Apa itu ADempiere, Fitur dan Bagaimana implementasi ADempiere untuk ERP Perusahaan

 

ADempiere merupakan salah satu aplikasi dari ERP (Enterprise Resource Planning) yang berlisensi GPL. Berbasis Opensource, aplikasi ini pun bersifat gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar lisensi. Dalam hal ini, pengguna hanya perlu membayar lisensi untuk software pendukung lain yang digunakan, contohnya Operating System, database dan lain sebagainya jika hal tersebut memang diperlukan. Namun, jika tidak maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

 

logo adempiere

ADempiere sendiri merupakan sebuah proyek yang diprakarsai oleh komunitas yang berkeinginan untuk mengembangkan adanya solusi terhadap bisnis, yang mana ia mampu menyediakan berbagai fungsionalitas terhadap Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM). Nama ADempiere sendiri diambil dari bahasa Italia, yakni “Adem” yang berarti untuk memenuhi “to fulfill”, namun berkaitan dengan hal ini makna yang diusungnya lebih luas, yakni “to complete, reach, practice, perform the duties of, or free (discharge), it also means to honor and respect.”

Didirikan pada September 2006 silam, ADempiere dapat dikatakan sebagai tindak lanjut dari adanya proyek Compiere yang diusung oleh perusahaan komersil. Awal mula munculnya ADempiere ialah ketika dirasa Compiere sudah kurang atau bahkan tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan komunitas. Meskipun saat ini telah berpisah, namun fitur yang diusung oleh ADempiere masih terkesan mirip dengan Compiere. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat aplikasi ERP ini memang menjadi turunan atau penerus dari Compiere yang telah hadir lebih dahulu.

Pembuatan dari ADempiere sendiri bersifat luwes atau fleksibel. Ia dibuat bukan berdasarkan langkah-langkah proses bisnis yang telah terjadwal dengan baik dan kaku, melainkan berdasarkan berbagai opsi yang dapat dipilih oleh pengguna nantinya yang disesuaikan dengan proses bisnis yang ingin atau akan dijalankan. Bahkan menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan opsi yang dapat ditentukan oleh si penggunanya sendiri agar mampu menyesuaikan dengan proses usaha yang telah dijalankan. Untuk basis datanya sendiri aplikasi ADempiere dapat menggunakan Oracle atau postgreSQL.

KEUNGGULAN ADEMPIERE

ADempiere merupakan aplikasi ERP yang sangat cocok untuk melakukan pemantauan terhadap perusahaan dengan skala kecil dan menengah. Mengingat aplikasi ini gratis atau tidak berbayar, mengingat di luaran sana masih terdapat banyak aplikasi ERP yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Dengan fleksibilitas yang tinggi, ADempiere diyakini mampu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan proses bisnis perusahaan. Meskipun termasuk aplikasi opensource, rupanya ADempiere memiliki dukungan custom jika diinginkan. Opsi ini dapat digunakan tatkala Compiere telah tidak mampu untuk mengatasinya. Atau jika tidak, pengguna atau salah satu pelaku dalam perusahaan menginginkan adanya penyesuaian, contohnya customisasi tampilan.

Terlebih lagi, struktur program dari ADempiere ini terkesan sangat rumit. Dengan melakukan fully customized, maka sangat sedikit yang tertulis di source code-nya, termasuk salah satunya design form. Design form sendiri dikerjakan secara on the fly, sedangkan layout form-nya langsung di simpan dalam basis data. Oleh karena itu, ketika Anda berniat untuk mengubah source code, sebaiknya dipikirkan ulang, mengingat satu perubahan yang dilakukan tentunya akan mempengaruhi keseluruhan dari sistem yang telah dibangun di ADempiere.

CAKUPAN ADEMPIERE

Saat ini, fitur-fitur yang diusung oleh aplikasi ERP ADempiere dapat dikatakan hampir lengkap, diantaranya Sales, Accounting dan Material Management. Dengan demikian, hanya dibutuhkan Manufacturing dan modul HRD agar membuat aplikasi ini benar-benar lengkap dan sempurna. Selain fitur tersebut, ADempiere juga didukung oleh sejumlah fitur Multi yang terdiri dari multi Organization, multi currency, Multi Price List, Multi Company, Multi Language, dan lain sebagainya.

Jika berbicara mengenai perusahaan, ADempiere menjuluki perusahaan sebagai Client, yakni sebuah level tertinggi dari entitas bisnis yang berdiri secara independen. Dimana Client tersebut berdiri dari kumpulan departement yang saling mendukung satu sama lain. Dalam hal ini, Client akan menerapkan satu mata uang yang berfungsi sebagai mata uang acuan, sedangkan transaksi di berbagai departement akan menerapkan mata uang lain yang tentunya mengacu pada mata uang acuan. Menariknya, aplikasi ADempiere dapat mengelola lebih dari satu Client, dimana tiap-tiap Client akan memiliki mata acuan yang berbeda. Fitur ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang memang memiliki banyak cabang dengan proses pengelolaan yang terpisah.

Perlu diketahui, ketika menginstall ADempiere untuk pertama kali, Anda akan disuguhkan dengan dua Client bawaan, yakni System Client dan GardenWorld. System Client sendiri berfungsi untuk menambah jumlah Client, sedangkan GardenWorld berfungsi sebagai Client Sample. Untuk dapat membuat Client baru, Anda harus melakukan login dengan bertindak sebagai System dengan password system. Namun sebelumnya, Anda harus mempersiapkn Chart Off Account (COA) agar mampu menjalankannya dengan baik. Namun jika belum memiliki, Anda dapat merancang atau membuat COA dengan menggunakan COA Editor, yakni dengan memilih atau menerapkan sample yang telah tersedia. Biasanya, sample tersebut terletak di dalam folder ADempiere_Home/data/import.

Implementasi ADempiere meskipun bersifat gratis namun dalam implementasinya tidak semuah seperti meng-install microsoft word/excel dibutuhkan perusahaan/seseorang yang berpengalaman dalam implementasi adempiere. Karena kebutuhan setiap perusahaan berbeda dan migrasi software dari sistem lama/manual menuju adempiere membutuhkan banyak persiapan agar ADempiere dapat berjalan dengan baik. Pilihlah vendor perusahaan yang sudah berpengalaman dalam implementasi ADempiere contohnya seperti Andromedia.

Andromedia sudah menangani banyak proyek implementasi ADempiere perusahaan-perusahaan baik perusahaan manufaktur maupun jasa. Tidak hanya itu, penambahan fitur diluar modul yang ada di ADempiere juga memungkinkan karena Andromedia memiliki pengalaman dalam bidang pengembangan software untuk perusahaan. Diharapkan dengan memilih vendor yang tepatĀ proses bisnis perusahaan berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien.

Share with your friends









Submit