8 Tanda-tanda Kenapa Perusahaan Manufaktur Membutuhkan ERP

tanda indikator sebuah perusahaan membutuhkan ERP

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengenal apa itu ERP. Pada dasarnya ERP merupakan sebuah perencanaan sumber daya perusahaan, istilah bahasa Inggrisnya lebih dikenal sebagai ERP atau Enterprise Resource Planning yang memang sedang marak digunakan oleh masyarakat dalam sebuah perusahaan modern. Mungkin istilahnya masih asing bagi kalangan masyarakat umumnya, akan tetapi bagi masyarakat modern apalagi yang sudah bekerja di kantor atau perusahaan tentu sudah mengenal dan tak sedikit diantara mereka untuk menggunakan ERP.

Pengertian dari ERP adalah sebuah sistem informasi yang memang dikhususkan untuk perusahaan perusahaan manufaktur atau bisa juga perusahaan jasa yang memiliki peran untuk melakukan integrasi serta mengotomasikan proses bisnis yang memiliki hubungan erat dengan aspek operasi, produksi atau pun distribusi dalam sebuah perusahaan.

Pada mulanya, perkembangan ERP dimulai dari Manufacturing Resource Planning atau dikenal dengan MRP II yang lambat laun berubah menjadi Material Requirement Planning atau MRP. Pada umumnya, sistem ERP ini lebih mengantisipasi pada proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan, pengapalan, serta akuntansi. Jika demikian, maka pengertian dari sistem ini adalah memberikan bantuan sebagai pengontrol aktivitas bisnis misalnya penjualan, produksi, pengiriman, manajemen persediaan, sumber daya manusia serta manajemen kualitas.

Dalam istilah lain pengertian ERP sendiri merupakan sebuah sistem yang akan merekam serta menyebarkan berbagai informasi tentang keseluruhan aktivitas bisnis yang real time atau sedang berjalan. Sistem ERP ini bisa menghubungkan antara proses bisnis vital.

Lalu, apabila anda adalah seorang pebisnis, lantas bisnis seperti apakah yang memungkinkan anda harus melakukan investasi ERP ini ke bisnis Anda? Mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya tentang persyaratan dan apa yang harus dipenuhi untuk memakai ERP tersebut.

Sebenarnya, segala hal yang berbau bisnis ini bisa saja ditangani menggunakan integrasi ERP. Diantara jenis bisnis itu misalnya bisnis-bisnis yang mengalami kendala diantaranya :

  1. Hutang yang terlampau banyak, hal ini karena alur kas yang mengalami masalah sehingga fakturnya banyak yang belum dibayarkan.
  2. Sisa stok yang masih belum diketahui bagaimana kejelasannya, sebuah perusahaan mengalami kesulitan untuk dapat tahu secara pasti berapa jumlah stok penyimpanan yang tidak dicatat secara otomatis atau dicatat secara terpisah.
  3. Proyek yang ada susah mengendalikannya, mungkin kebanyakan dari anda masih sulit mengendalikan sebuah proyek apalagi tak bisa selesai sesuai dengan target yang disetujui.
  4. Kebingungan lokasi stok, belum mengetahui secara pasti tempat penyimpanan suatu barang.
  5. Salah pesan, dalam hal ini biasanya sering terjadi pada beberapa perusahaan atau pebisnis yang mengalami kesalahan pada saat memesan barang, misalnya saja barang yang dipesan dan datang ternyata masih tersedia banyak di gudang, sementara barang yang tidak dipesan sudah habis.
  6. Mengalami kewalahan pada saat perekapan payroll, dalam hal ini bisa jadi data absensi untuk melakukan perhitungan payroll untuk seluruh pegawai bisa menghabiskan banyak waktu dan tentu saja akan memakan tenaga HR lagi.
  7. Terjadi penipuan di gudang, biasanya barang sering kali mengalami kekurangan tak sesuai dengan catatan atau tanpa sepengetahuan gudang. Penipuan bisa juga terjadi di tempat penjualan, yaitu jumlah barang atau jasa yang dijual biasanya berbeda dengan angkanya dengan bukti penjualannya.
  8. SPK tidak berjalan, Sistem pendukung keputusan atau SPK produksi tidak stabil dan berantakan, dalam keadaan seperti ini maka tidak bisa ditemukan perkiraan atau estisimasi terhadap waktu dalam memenuhi barang, permintaan atau jasa.

    Jika  perusahaan anda atau perusahaan anda bekerja mengalami 8 permasalahan diatas, ada baiknya mulai menggunakan ERP agar proses bisnis bisa berjalan dengan lancar, efisien dan efektif. Anda bisa mencari vendor IT yang dapat membantu perusahaan anda menjalankan ERP dengan lancar, lalu bagaimana cara memilih vendor IT yang benar? klik artikel ini.

Share with your friends









Submit