8 Bahasa Pemrograman Terpopuler Untuk Machine Learning dan Data Science Di Awal 2017

8 Bahasa Pemrograman Terpopuler Untuk Machine Learning dan Data Science Di Awal 2017

 

Machine learning merupakan teknologi yang perkembangannya paling cepat dalam dunia teknik. Hampir di semua perusahaan besar teknologi berinvetasi dalam perkembangan machine learning dan data science untuk mengembangkan produk mereka. Untuk bekerja dalam bidang ini, kamu membutuhkan beberapa keterampilan khusus bahasa pemrograman. Agar mudah dipahami bahasa pemrograman apa yang paling dibutuhkan dalam dunia nyata untuk digunakan pada bidang Machine Learning dan Data Science. JeanFrancoisPuget dari IBM menggunakan trend search yang bisa digunakan di indeed.com dan memposting tulisannya tentang perkembangan bahasa pemrograman dalam bidang tersebut dan bagaimana mereka berevolusi dari waktu ke waktu.
Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan seperti tujuan di atas, dari banyaknya keterampilan-keterampilan machine learning dan data science di telitilah hubungan yang kuat dengan bahasa pemrograman terkemuka saat ini seperti C, Java, C++, dan JavaScript. Bahasa pemrograman Python dan R termasuk sebagamana kita ketahui kedua bahasa tersebut populer digunakan untuk machine learning dan data science. Terlepas dari bahasa yang telah disebutkan di atas, bahasa Scala dan Julia juga di ikut sertakan dalam penelitian. Inilah hasil menarik yang didapatkan dari pengamatan : machine-learning-data-science-programming-language Jadi apa yang kita dapatkan dari data ini? Grafik di atas menunjukkan terdapat beberapa bahasa pemrograman yang populer digunakan dalam bidang ini. Kita juga bisa melihat perkembangan beberapa tahun kebelakang dan bertumbuh dengan cepat dalam konteks bahasa pemrograman populer dalam perkembangan machine learning dan data science. Sesuai dengan dugaan kita semua, bahasa Python menjadi nomor satu dalam hal ini, di ikuti dengan bahasa Java, R dan C++. Kita juga bisa menemukan bahwa keunggulan Python di atas java terus meningkat dengan cepat di 1 tahun belakangan ini. Dan juga yang mengejutkan melihat bahasa R berada di posisi ke tiga yang kita kira bahasa R akan menjadi yang kedua dalam popularitasnya. Bahasa Scala juga menunjukkan pertumbuhan yang cepat yang sebelumnya tidak nampak keberadaannya. Dalam kasus bahasa Julia. Di sana terlihat sedikit sekali pertumbuhannya dalam beberapa bulan terakhir ini. Berikut inilah list dari bahasa pemrograman populer di awal 2017 ini. Top 8 bahasa pemrograman untuk machine learning dan data science :

  1. Python
  2. Java
  3. R
  4. C++
  5. C
  6. JavaScript
  7. Scala
  8. Julia

Semoga dari hasil penelitian singkat ini kamu bisa mendapatkan insight coder, kira-kira bahasa pemrograman apa yang cocok digunakan untuk machine learning dan data science sehingga kamu mudah memilih bahasa pemrograman apa yang harus kamu pelajari untuk masuk dalam bidang ini.


(Ditulis oleh Hadyan Palupi)

(Sumber informasi : www.codepolitan.com)

Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Kami, PT Andromedia, pilihan yang tepat. PT Andromedia adalah perusahaan konsultan sistem informasi dari Surabaya.

PT Andromedia in Social Media

PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

 

 

Share with your friends









Submit