5 Aplikasi Penunjang Produktivitas dengan Elemen Game untuk Android

5 Aplikasi Penunjang Produktivitas dengan Elemen Game untuk Android

 

 

Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi mobile yang memberikan sensasi seperti bermain game? Bila kamu pernah menggunakan Tinder, mungkin kamu sempat merasakannya. Tak heran banyak orang terpancing untuk terus menggunakan Tinder, dan hal itu terjadi karena implementasi dari sebuah metode yang disebut gamification.

Tidak hanya pada Tinder, gamification juga banyak ditemui pada aplikasi produktivitas. Berikut adalah beberapa aplikasi produktivitas yang dikembangkan dengan metode gamification agar kamu bisa lebih produktif sekaligus bersenang-senang layaknya sedang bermain game.


Habitica

Habitica | screenshot 1

Kalau kamu menyukai RPG (role-playing game), maka aplikasi pengubah kebiasaan ini wajib kamu coba. Kamu akan mengendalikan karakter dalam tujuh kategori, Work, Exercise, Health+Wellness, School, Teams, Chores, dan Creativity. Masing-masing kategori memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung kebiasaan mana yang ingin kamu perbaiki.

Habitica merupakan aplikasi terbaik di daftar ini. Kombinasi tampilan dan fiturnya mampu menghadirkan suasana RPG yang sangat kental. Kamu yang suka bermain RPG kemungkinan besar akan menyukainya.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan di Habitica? Banyak. Kamu bisa membuat avatar, membeli item, memelihara hewan virtual, hingga bergabung dengan guild. Tersedia pula fitur chatting yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan pengguna lain.

Tidak hanya itu, Habitica juga kerap mengadakan quest khusus melawan bos monster. Kamu sebaiknya membentuk Party dengan para pengguna lain terlebih dahulu agar lebih mudah menangani bos monster tersebut. Menarik bukan?

Habitica juga menyediakan Gem yang bisa dibeli dengan uang. Harganya bervariasi, mulai dari Rp13.000 untuk empat Gem hingga Rp209.000 untuk 84 Gem. Gem berguna untuk membeli item dan quest khusus.

Review Habitica – Perbaiki Kebiasaanmu dan Jadilah Sang Hero


Level Up Life

aplikasi gamifikasi | screenshot 1

Jika kamu mencari aplikasi yang lebih ringan, Level Up Life bisa jadi pilihan. Besarnya hanya sekitar 8 MB, jauh lebih kecil dibanding dengan Habitica yang mencapai 28 MB. Oleh karena itu, jangan berharap lebih pada fitur-fiturnya.

Lupakan memborong item, memelihara hewan virtual, atau melawan monster, karena semua itu tidak tersedia di Level Up Life. Di sini kamu hanya perlu fokus pada tugas yang ingin dikerjakan.

Kamu akan diberikan sejumlah poin Exp sebagai hadiah setiap menyelesaikan sebuah tugas. Kumpulkan poin Exp sebanyak-banyaknya untuk menaikkan level. Semakin tinggi level kamu, semakin banyak penghargaan yang bisa didapatkan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Community sebagai pemanis. Fitur ini memungkinkan kamu memantau perkembangan pengguna lain serta memberikan komentar. Meskipun tidak menyediakan fitur chat secara real time seperti Habitica, namun keberadaan fitur Community cukup menjembatani kebutuhan interaksi sesama pengguna Level Up Life.

Jika kamu menyukai Level Up Life, kamu bisa memberikan donasi kepada sang developer. Jumlah yang bisa kamu berikan bervariasi, mulai dari Rp31.000 hingga Rp209.000. Dengan memberikan donasi, kamu dapat menggunakan aplikasi tanpa diganggu tampilan iklan.

Sayangnya aplikasi ini membutuhkan koneksi internet agar dapat berfungsi. Meski begitu, secara keseluruhan Level Up Life tetap layak untuk kamu coba. Terutama untuk kamu yang lebih mementingkan fungsi dibanding fitur.


LifeRPG

aplikasi gamifikasi | screenshot 2

Tidak ada yang spesial dari LifeRPG jika dibandingkan dengan Habitica atau Level Up Life. Bahkan tampilannya terbilang standar dan kurang menarik. Namun, beragam elemen khas seperti level, skill, dan status ala RPG masih dapat ditemukan.

LifeRPG bisa dibilang sebagai aplikasi to-do-list dengan embel-embel “RPG”. Kurang direkomendasikan bagi kamu yang menyukai tampilan keren seperti Habitica.

Keunggulan LifeRPG dibanding aplikasi sejenis yaitu tidak membutuhkan akses internet. Karena itu, kamu dapat mengaksesnya kapan pun tanpa harus khawatir kuota internet habis.


Task Hammer

aplikasi gamifikasi | screenshot 3

Task Hammer kurang lebih sama dengan LifeRPG, namun dengan tampilan lebih menarik. Elemen game yang disematkan lebih terasa sebagai pemanis dan tidak memiliki pengaruh apa-apa. Pada aplikasi lain, kamu akan mendapatkan keuntungan khusus jika level kamu semakin tinggi, namun hal itu tidak berlaku di Task Hammer.

Begitu juga dengan pemilihan avatar yang hanya berfungsi sebagai foto profil saja, meskipun ada tiga jenis avatar yang dapat dipilih yaitu Barbarian, Rogue, dan Sorcerer. Cukup disayangkan memang, namun aplikasi ini jauh lebih baik dibanding LifeRPG yang kaku. Apalagi ukurannya terbilang kecil, cuma 2,6 MB saja.


EpicWin

aplikasi gamifikasi | screenshot 4

EpicWin bisa jadi alternatif Habitica. Tampilannya terbilang bagus, walaupun fiturnya tidak selengkap Habitica. Meski demikian, ada satu fitur menarik di EpicWin yaitu Loot. Fitur ini memungkinkan kamu memantau progres perkembangan yang disajikan dalam bentuk peta game.

Semakin banyak tugas yang kamu selesaikan, semakin jauh jarak perjalanan yang avatarmu tempuh dalam peta. Di tengah perjalanan, kamu bisa mendapatkan sejumlah item baru. Item tersebut adalah semacam penghargaan dan tidak memiliki efek apapun.

Uniknya, EpicWin menyelipkan deskripsi khusus untuk setiap item yang didapatkan. Misalnya Undercover Schrubber yang dideskripsikan sebagai mantra dengan fungsi menyelubungi sang pengguna dan membuatnya tidak terdeteksi.

Kelebihan lain dari EpicWin yaitu tersedia gratis dan dapat digunakan secara offline. Lebih dari cukup untuk menutupi kurangnya fitur yang tersedia.


Dengan metode gamification yang diselipkan pada semua aplikasi di atas, niscaya usahamu untuk meningkatkan produktivitas akan terasa lebih menyenangkan. Apa kamu tertarik untuk mencobanya?

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Kami, PT Andromedia, pilihan yang tepat. PT Andromedia adalah perusahaan konsultan sistem informasi dari Surabaya.

PT Andromedia in Social Media

PT Andromedia | Excellent Partnership Commitment

Share with your friends









Submit