3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

3 Strategi Jitu Kesuksesan Bisnis Mobile Commerce di Bulan Ramadan

 

Bulan suci Ramadan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Bulan tersebut juga sangat mempengaruhi perilaku belanja masyarakat, terutama di platform mobile.

Indonesia menawarkan kesempatan yang sangat besar di bulan Ramadan. Sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki lebih dari 55 juta pengguna smartphone. Lebih dari enam puluh persen penduduk negara ini menggunakan smartphone, dan sekitar tujuh belas persen mengakses internet via desktop. Hari-hari menjelang Ramadan adalah salah satu masa belanja online tersibuk, membuat banyak pelaku bisnis tergiur memanfaatkan kesempatan ini.

Di tahun 2016, klien kami di Glispa meraih peningkatan penjualan hingga 214 persen saat Ramadan dibandingkan bulan sebelumnya. Tapi meskipun pergerakan pasar di masa ini sangat tinggi, banyak pelaku bisnis masih kurang yakin tentang bagaimana strategi pemasaran mobile serta waktu yang tepat untuk berinvestasi di dalamnya.

Gunakan data untuk mempersiapkan diri

Untuk memahami perilaku konsumen Indonesia selama bulan suci Ramadan, kami menilik kembali kampanye iklan mobile kami tahun lalu, tepatnya tanggal 6 Juni sampai 5 Juli 2016. Kami mengumpulkan data mulai sebulan sebelum Ramadan dan bulan Ramadan itu sendiri, dari klien-klien mobile commerce (m-commerce) kami, kemudian menganalisis kapan mereka mendapat peningkatan tinggi dalam pembelian barang dan instalasi aplikasi.

Kami menemukan bahwa di ranah m-commerce, klien kami mengalami peningkatan instalasi di dua rentang waktu: tiga minggu sebelum Ramadan mulai dan dua minggu sebelum Ramadan berakhir. Di rentang pertama, tingkat instalasi meningkat 47 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut. Sementara di rentang kedua, tingkat instalasi meningkat hingga 40 persen.

Kamu mungkin terkejut kalau saya bilang bahwa tingkat pembelian di m-commerce tidak meningkat di akhir Ramadan. Padahal di periode ini banyak orang Indonesia yang menerima Tunjangan Hari Raya (THR). THR adalah bonus tahunan yang biasa diterima para karyawan Indonesia untuk menyambut hari raya Idul Fitri setelah Ramadan berakhir.

Mobile Commerce Ramadan | Data

Alasan tidak terjadi peningkatan pembelian di akhir bulan Ramadan adalah karena secara logistik sudah terlambat sekali untuk mengirimkan barang yang dipesan. Kami justru menemukan peningkatan pada seminggu sebelum Ramadan dan minggu kedua Ramadan. Peningkatan di periode pertama sekitar lima puluh persen, sementara di periode kedua 42 persen di atas rata-rata selama dua bulan tersebut.

Tiga strategi yang bisa kamu lakukan

Kami merangkum tiga strategi terbaik kami yang menggambarkan peningkatan perilaku belanja konsumen di sekitar Ramadan serta kapan waktu terbaik untuk memanfaatkannya.

Mulai lebih awal

Pengiklan harus mulai lebih awal dengan cara menumbuhkan awareness dan burst campaign supaya aplikasi mereka menduduki peringkat tinggi di App Store/Play Store. Tujuannya adalah untuk mengamankan slot iklan, sebab kompetitor akan banyak berebut dan meningkatkan tarif cost-per-install (CPI) pada minggu sebelum Ramadan.

Penting juga untuk dicatat bahwa data di periode ini data kami menunjukkan jeda rata-rata antara tujuh sampai empat belas hari sejak aplikasi diinstalasi sampai pengguna melakukan pembelian. Artinya dua hal ini berkaitan langsung, dan pengguna biasanya menggunakan waktu ini untuk menjelajahi aplikasi sebelum akhirnya memutuskan belanja.

Mulailah sekitar tiga minggu sebelum Ramadan mulai untuk memastikan aplikasimu naik peringkat, menjadi aplikasi yang paling dikenal konsumen, dan bisa memberi cukup waktu pada calon konsumen untuk membiasakan diri menggunakannya.

Menjaga momentum

Tingkat pembelian meningkat pesat seminggu sebelum Ramadan, seiring dengan persiapan para konsumen menyambut bulan puasa dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal yang sama terjadi di minggu kedua Ramadan, sebab minggu ini adalah masanya para konsumen memesan barang supaya sampai sebelum lebaran.

Dua periode inilah waktu optimal untuk memanfaatkan momen dan berinvestasi agar kamu mencapai peringkat atas aplikasi dan user acquisition. Menjalankan kampanye yang berkelanjutan, dengan memberi diskon dan penawaran spesial, akan meningkatkan engagement pengguna dalam aplikasi.

Tetaplah relevan

Rancanglah usahamu di bulan Ramadan dengan promosi yang relevan dan sesuai, seperti diskon atau tawaran cashback pada masa-masa puncak pembelian. Penting juga untuk memastikan agar kampanyemu relevan dengan keperluan pengguna di musim tersebut.

Gunakan kampanye yang berkesinambungan untuk mempromosikan barang-barang yang sering dicari orang selama bulan puasa, misalnya busana muslim dan alat elektronik, untuk mencapai tingkat engagement dan pembelian yang maksimal.

Jangan sampai melewatkan tahun ini

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, dan para pengiklan di Indonesia harus mulai memikirkan strategi untuk menggaet pengguna baru serta meningkatkan penjualan di aplikasi m-commerce mereka. Persaingan akan meningkat pesat, jadi strategi pemasaran aplikasi yang tepat sangat krusial terhadap pemasukanmu selama musim belanja di Indonesia seperti ini.

 

(Sumber informasi : id.techinasia.com)


Organisasi Anda membutuhkan konsultan dalam bidang sistem informasi ?

Andromedia Indonesia
Excellent Partnership Commitment

We provide various advisory solution such as IT Business Plan, Master Plan & Architecture, Monitoring, Service Management, and Project Management to enhance and enable system solution to cope with business process change or re-engineering.

Contact us and get your best IT solution for your business.
Phone: (+6231) 6001-8666
email: [email protected]
fb:  @andromediaindonesia
www.andromedia.co.id

Share with your friends









Submit